PENDAMPINGAN BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS DI KELAS 4 SD N 4 KAWAN
Keywords:
Pendampingan belajar, flashcard, sekolah dasarAbstract
Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa sekolah dasar. Salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa sekolah dasar adalah dengan menggabungkan pembelajaran dengan media flashcard. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi seberapa efektif metode ini pada siswa di kelas empat SD N 4 Kawan. Kegiatan ini melibatkan 25 siswa melalui proses perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan evaluasi menggunakan pendekatan tindakan kelas. Penelitian menunjukkan bahwa penguasaan kosakata siswa meningkat secara signifikan sebanyak 80% siswa memahami kosakata dasar dengan lebih baik, dan kegiatan pembelajaran interaktif berbasis flashcard meningkatkan keterlibatan aktif siswa. Efektivitas metode ini dalam menciptakan pembelajaran yang menarik, visual, dan kontekstual diperkuat oleh respons positif dari siswa dan guru. Penggunaan flashcard dengan pendampingan belajar yang tepat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris dan meningkatkan rasa percaya diri mereka. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kosakata bahasa Inggris siswa, suasana belajar yang kondusif, dan peningkatan minat belajar bahasa Inggris.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.