PENDAMPINGAN BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS DI KELAS 4 SD N 4 KAWAN

Authors

  • I Made Arie Wahyudi ITP Markaneya Bali

Keywords:

Pendampingan belajar, flashcard, sekolah dasar

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa sekolah dasar. Salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa sekolah dasar adalah dengan menggabungkan pembelajaran dengan media flashcard. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi seberapa efektif metode ini pada siswa di kelas empat SD N 4 Kawan. Kegiatan ini melibatkan 25 siswa melalui proses perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan evaluasi menggunakan pendekatan tindakan kelas. Penelitian menunjukkan bahwa penguasaan kosakata siswa meningkat secara signifikan sebanyak 80% siswa memahami kosakata dasar dengan lebih baik, dan kegiatan pembelajaran interaktif berbasis flashcard meningkatkan keterlibatan aktif siswa. Efektivitas metode ini dalam menciptakan pembelajaran yang menarik, visual, dan kontekstual diperkuat oleh respons positif dari siswa dan guru. Penggunaan flashcard dengan pendampingan belajar yang tepat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris dan meningkatkan rasa percaya diri mereka. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kosakata bahasa Inggris siswa, suasana belajar yang kondusif, dan peningkatan minat belajar bahasa Inggris.

Downloads

Published

2025-01-15

How to Cite

Wahyudi, I. M. A. (2025). PENDAMPINGAN BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS DI KELAS 4 SD N 4 KAWAN. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(01), 7–12. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/510