UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN BACAAN SISWA SDIT BUDI MULYO KELAS III MELALUI BIG BOOK IN CLASS

Authors

  • Adzani Nur Faidati Universitas Nahdlatul Ulama
  • Nur Ariffah Universitas Nahdlatul Ulama
  • Lutfika Istiqomah Universitas Nahdlatul Ulama
  • Mustamid Universitas Nahdlatul Ulama

Keywords:

Pemahaman Bacaan, Literasi, Big Book

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah siswa mengalami kesulitan dalam memahami isi bacaan. Salah satu faktor yang menjadi penyebab masalah tersebut adalah kurangnya inovasi pembelajaran dari guru. Melalui program pengabdian kepada masyarakat berupa pembelajaran melalui big book, siswa diharapkan lebih tertarik dan meningkat pemahaman bacaannya. Lokasi dan sasaran pengabdian ini adalah siswa kelas III SD IT Budi Mulyo. Metode yang digunakan untuk pelaksanaan pangabdian ini meliputi Need Assessment, Riset dan Pengembangan Big Book, Pemetaan Kemampuan Awal Siswa, Pelaksanaan Big Book in Class, dan evaluasi. Pelaksanaan penggunaan media big book diawali dengan menanyakan ke siswa untuk memprediksi isi cerita dalam big book. Selanjutnya mahasiswa memberikan contoh membaca big book dan siswa membaca isi cerita pada setiap halaman. Kegiatan terakhir yaitu melakukan refleksi isi bacaan tersebut. Berdasarkan hasil rata-rata nilai pre-test siswa adalah 58,64 kemudian hasil rata-rata nilai post-test siswa adalah 77.73. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa setelah melaksanakan pembelajaran menggunakan media big book kemampuan siswa dalam memahami bacaan meningkat.

Downloads

Published

2023-09-20

How to Cite

Adzani Nur Faidati, Nur Ariffah, Lutfika Istiqomah, & Mustamid. (2023). UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN BACAAN SISWA SDIT BUDI MULYO KELAS III MELALUI BIG BOOK IN CLASS . PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 1(03), 545–554. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/94