CANVA-BASED MANDARIN POSTER TRAINING: STRATEGI PENINGKATAN KREATIVITAS MAHASISWA BAHASA MANDARIN UNM

Authors

  • Ainun Bashirah Syam Universitas Negeri Makassar
  • A. Bulqis Safirah Universitas Negeri Makassar
  • Nurul Izzah Universitas Negeri Makassar
  • Dedi Risaldi Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Aplikasi Canva, Kreativitas Mahasiswa, Media Pembelajaran Digital, Poster Bahasa Mandarin

Abstract

Pelatihan Pembuatan Poster Bahasa Mandarin Berbasis Canva dilaksanakan untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan desain digital mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. Kegiatan ini membekali mahasiswa dengan kemampuan merancang media visual komunikatif melalui pemanfaatan fitur Canva. Pelatihan dilakukan secara daring melalui Google Meet dan mencakup pengenalan fitur, demonstrasi desain, tugas individu, kerja kelompok, serta presentasi hasil. Pelatihan ini menghasilkan peningkatan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan prinsip desain grafis, memanfaatkan elemen visual, serta mengintegrasikan teks Mandarin secara efektif. Selain itu, kegiatan ini mendorong penguatan literasi digital dan kreativitas visual mahasiswa. Dengan demikian, pelatihan ini terbukti efektif dalam mendukung peningkatan kompetensi akademik mahasiswa dalam pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi.

Downloads

Published

2025-11-15

How to Cite

Syam, A. B., Safirah, A. B., Izzah, N., & Risaldi, D. (2025). CANVA-BASED MANDARIN POSTER TRAINING: STRATEGI PENINGKATAN KREATIVITAS MAHASISWA BAHASA MANDARIN UNM. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(06), 2314–2323. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/933