OPTIMALISASI PENULISAN KARYA ILMIAH MAHASISWA MELALUI MENDELEY WORKSHOP SERIES
Keywords:
Alat Pengelola Referensi, Daftar Pustaka, Karya Ilmiah, Mendeley, Teknik SitasiAbstract
Mahasiswa di berbagai perguruan tinggi masih menghadapi kendala dalam mengelola referensi secara sistematis dan konsisten, terutama dalam proses sitasi dan penyusunan daftar pustaka yang sesuai standar akademik. Keterbatasan literasi digital akademik ini berdampak pada kualitas karya ilmiah dan menghambat efisiensi penulisan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menggunakan Mendeley sebagai reference manager untuk mendukung penulisan ilmiah yang akurat dan berintegritas. Program dilaksanakan secara daring dengan melibatkan 85 peserta dari berbagai program studi dan institusi. Metode kegiatan meliputi survei awal tingkat pemahaman, pemaparan materi, demonstrasi dan praktik langsung, serta sesi refleksi untuk mengevaluasi pemahaman peserta. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan peserta dalam mengimpor referensi, melakukan sitasi otomatis, dan menyusun daftar pustaka dengan format yang konsisten. Selain itu, peserta melaporkan peningkatan efisiensi kerja dan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya manajemen referensi dalam penulisan ilmiah. Temuan ini mengindikasikan bahwa pelatihan berbasis praktik secara daring dapat menjadi strategi efektif dalam penguatan literasi digital akademik. Secara keseluruhan, kegiatan ini berhasil mencapai tujuan pengabdian dan memberikan dampak positif terhadap kesiapan mahasiswa dalam menghasilkan karya ilmiah yang lebih berkualitas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.















