PENERAPAN METODE INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VII DI MTS MUSLIMAT NU PALANGKARAYA

Authors

  • Tria Angela Kusumaningrum Universitas Islam Negeri Palangka Raya
  • Santi Erliana Universitas Islam Negeri Palangka Raya

Keywords:

Metode interaktif, Pembelajaran Bahasa Inggris, Siswa Kelas VII

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan untuk mendukung proses pembelajaran Bahasa Inggris yang lebih efektif bagi siswa kelas VII di MTs Muslimat NU Palangka Raya melalui penerapan Metode Interaktif. Program berlangsung selama delapan pertemuan dengan pendekatan observasi partisipatif, di mana pengabdi terlibat langsung sebagai pendamping pembelajaran di kelas yang berjumlah 32 siswa. Berbagai aktivitas disusun dengan memanfaatkan media visual, permainan bahasa, diskusi kelompok, serta latihan terbimbing untuk menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan mampu mendorong keterlibatan siswa. Selama pelaksanaan kegiatan, terlihat peningkatan pada keberanian siswa dalam berbicara, pemahaman kosakata, dan kemampuan mereka dalam menulis deskriptif secara bertahap. Selain itu, siswa menunjukkan sikap yang lebih positif terhadap pembelajaran karena mereka merasa lebih nyaman dan termotivasi. Tantangan seperti keterbatasan waktu, kondisi kelas yang dinamis, dan perbedaan kemampuan siswa dapat diatasi melalui penyesuaian strategi di setiap pertemuan. Secara keseluruhan, metode interaktif terbukti memberikan dampak yang signifikan terhadap motivasi dan keaktifan siswa di kelas.

Downloads

Published

2025-11-15

How to Cite

Kusumaningrum, T. A., & Erliana, S. (2025). PENERAPAN METODE INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VII DI MTS MUSLIMAT NU PALANGKARAYA. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(06), 2160–2169. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/905