PENDAMPINGAN KEGIATAN BACA AL-QUR’AN SISWA DI MTS MUSLIMAT NU PALANGKA RAYA
Keywords:
Pendampingan dan baca Al-Qur’anAbstract
Membaca Al-Qur’an merupakan bagian penting dalam pembentukan karakter dan spiritualitas peserta didik di tingkat madrasah. Artikel ini membahas kegiatan pendampingan baca Al-Qur’an yang dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Muslimat NU Palangka Raya oleh mahasiswa MBKM dalam rangka mendukung peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu peserta didik memperbaiki bacaan Al-Qur’an sesuai kaidah tajwid serta menumbuhkan kecintaan terhadap Al-Qur’an. Pendampingan dilakukan melalui metode observatif-partisipatif, di mana mahasiswa terlibat langsung dalam kegiatan membaca Al-Qur’an bersama guru dengan cara menyimak, mencatat, dan memberikan bimbingan ringan kepada peserta didik. Melalui kegiatan ini, peserta didik menunjukkan peningkatan dalam kelancaran membaca serta kedisiplinan dalam mengikuti membaca Al-Qur’an. Selain itu, mahasiswa memperoleh pengalaman edukatif dalam memahami dinamika pembelajaran Al-Qur’an di madrasah. Dengan demikian, kegiatan pendampingan ini berkontribusi dalam membangun budaya membaca Al- Qur’an dan memperkuat nilai religius di lingkungan sekolah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.















