PENDAMPINGAN KEGIATAN BACA AL-QUR’AN SISWA DI MTS MUSLIMAT NU PALANGKA RAYA

Authors

  • Rabbiatul Alawiyah UIN Palangka Raya
  • Abdullah Abdullah UIN Palangka Raya
  • Rahmiah Rahmiah MTs Muslimat NU Palangka Raya

Keywords:

Pendampingan dan baca Al-Qur’an

Abstract

Membaca Al-Qur’an merupakan bagian penting dalam pembentukan karakter dan spiritualitas peserta didik di tingkat madrasah. Artikel ini membahas kegiatan pendampingan baca Al-Qur’an yang dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Muslimat NU Palangka Raya oleh mahasiswa MBKM dalam rangka mendukung peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu peserta didik memperbaiki bacaan Al-Qur’an sesuai kaidah tajwid serta menumbuhkan kecintaan terhadap Al-Qur’an. Pendampingan dilakukan melalui metode observatif-partisipatif, di mana mahasiswa terlibat langsung dalam kegiatan membaca Al-Qur’an bersama guru dengan cara menyimak, mencatat, dan memberikan bimbingan ringan kepada peserta didik. Melalui kegiatan ini, peserta didik menunjukkan peningkatan dalam kelancaran membaca serta kedisiplinan dalam mengikuti membaca Al-Qur’an. Selain itu, mahasiswa memperoleh pengalaman edukatif dalam memahami dinamika pembelajaran Al-Qur’an di madrasah. Dengan demikian, kegiatan pendampingan ini berkontribusi dalam membangun budaya membaca Al- Qur’an dan memperkuat nilai religius di lingkungan sekolah.

Downloads

Published

2025-11-15

How to Cite

Alawiyah, R., Abdullah, A., & Rahmiah, R. (2025). PENDAMPINGAN KEGIATAN BACA AL-QUR’AN SISWA DI MTS MUSLIMAT NU PALANGKA RAYA. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(06), 2082–2091. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/899