PENINGKATAN PENGETAHUAN POSTUR BELAJAR MELALUI PENYULUHAN ERGONOMI PADA SISWA SMPN 1 GILIRENG
Keywords:
Pengetahuan, Postur belajar, Ergonomi, SiswaAbstract
Kebiasaan postur belajar yang tidak tepat pada usia sekolah menengah merupakan salah satu faktor risiko utama munculnya keluhan muskuloskeletal dini, yang berdampak pada kesehatan jangka panjang. Aktivitas belajar di sekolah seringkali menuntut siswa untuk duduk dalam waktu yang lama sehingga terkadang tidak memperhatikan ergomonomis tubuh yang baik. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa SMPN 1 Gilireng terkait pentingnya postur belajar yang ergonomis. Kegiatan ini dimelibatkan 50 siswa kelas VII A dan VII B. Metode yang digunakan adalah pendekatan edukatif melalui penyuluhan dan demontrasi interaktif mengenai penting sikap ergonomis tubuh ketika belajar dan edukasi kepada guru maupun siswa untuk melakukan stretching di sela pembelajaran bila memungkinkan serta edukasi latihan lainnya dalam mencegah keluhan musculoskeletal dini. Hasil kegiatan menampilkan peningkatan pengetahuan dibuktikan dengan antusiasme siswa dalam sesi tanya jawab terkait postur belajar yang baik dan benar serta penerapan langsung oleh siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penyuluhan ergonomis terbukti apat meningkatkan kesadaran dan pengatahuan siswa mengenai pentingnya postur belajar yang benar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.















