PENINGKATAN PENGETAHUAN POSTUR BELAJAR MELALUI PENYULUHAN ERGONOMI PADA SISWA SMPN 1 GILIRENG

Authors

  • Nana Aulia Massakuta Universitas Negeri Makassar
  • Sri Ayu Anggita Universitas Negeri Makassar
  • Andi Jusriana Universitas Negeri Makassar
  • Ihfa Indira Nurnaifah Idris Universitas Negeri Makassar
  • Muhamad Baidhowi Primadi Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Pengetahuan, Postur belajar, Ergonomi, Siswa

Abstract

Kebiasaan postur belajar yang tidak tepat pada usia sekolah menengah merupakan salah satu faktor risiko utama munculnya keluhan muskuloskeletal dini, yang berdampak pada kesehatan jangka panjang. Aktivitas belajar di sekolah seringkali menuntut siswa untuk duduk dalam waktu yang lama sehingga terkadang tidak memperhatikan ergomonomis tubuh yang baik. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa SMPN 1 Gilireng terkait pentingnya postur belajar yang ergonomis. Kegiatan ini dimelibatkan 50 siswa kelas VII A dan VII B. Metode yang digunakan adalah pendekatan edukatif melalui penyuluhan dan demontrasi interaktif mengenai penting sikap ergonomis tubuh ketika belajar dan edukasi kepada guru maupun siswa untuk melakukan stretching di sela pembelajaran bila memungkinkan serta edukasi latihan lainnya dalam mencegah keluhan musculoskeletal dini. Hasil kegiatan menampilkan peningkatan pengetahuan dibuktikan dengan antusiasme siswa dalam sesi tanya jawab terkait postur belajar yang baik dan benar serta penerapan langsung oleh siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penyuluhan ergonomis terbukti apat meningkatkan kesadaran dan pengatahuan siswa mengenai pentingnya postur belajar yang benar.

 

 

Downloads

Published

2025-11-15

How to Cite

Massakuta, N. A., Anggita, S. A., Jusriana, A., Idris, I. I. N., & Primadi, M. B. (2025). PENINGKATAN PENGETAHUAN POSTUR BELAJAR MELALUI PENYULUHAN ERGONOMI PADA SISWA SMPN 1 GILIRENG . PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(06), 2147–2154. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/889