PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA SEKOLAH DASAR TENTANG BULLYING MELALUI PENDIDIKAN KESEHATAN INTERAKTIF

Authors

  • Tesha Hestyana Sari Fakultas Keperawatan, Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • M. Diffa Oktavian Universitas Riau
  • Resti Maharani Fakultas Keperawatan, Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Sella Nuraini
  • Zizi Muharriyza
  • Regina Dirgahayu Putri
  • Ova Tsabita Fakultas Keperawatan, Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Mutiara Dewi Suraya Ningsih
  • Rahmah Ikhwatul Risda Fakultas Keperawatan, Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Febyana Lestari Fakultas Keperawatan, Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Neni Nevita Sari Fakultas Keperawatan, Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Lidia Hati Fakultas Keperawatan, Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Daffa Sabrina Amelia Fakultas Keperawatan, Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia

Keywords:

Perundungan, pendidikan kesehatan, pengetahuan, anak usia sekolah.

Abstract

Bullying merupakan salah satu bentuk kekerasan yang sering terjadi di lingkungan sekolah dasar dan berdampak negatif terhadap kesehatan fisik dan mental anak. Sekolah dasar merupakan tahap perkembangan yang penting bagi anak dalam membentuk kepribadian, keterampilan sosial, dan kepercayaan diri. Tujuan: meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa sekolah dasar tentang bullying, menumbuhkan rasa saling menghormati dan empati terhadap teman sebaya, serta menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan bebas kekerasan. Metode: Kegiatan ini dilaksanakan di SDN 025 Pekanbaru pada tanggal 16 Oktober 2025 dengan melibatkan 64 siswa kelas IV. Metode yang digunakan adalah penyuluhan pendidikan kesehatan dengan pendekatan ceramah interaktif, diskusi, tanya jawab, dan kuis edukatif. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan pre-test dan post-test untuk mengukur tingkat pengetahuan siswa sebelum dan sesudah kegiatan. Hasil: menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan siswa setelah mengikuti penyuluhan. Rata-rata skor pra-tes sebesar 73,91 meningkat menjadi 88,59 pada pasca-tes, yang menunjukkan peningkatan pemahaman siswa tentang definisi, jenis, dampak, dan cara mencegah perundungan di sekolah. Saran: Diharapkan program pendidikan kesehatan di sekolah dasar dapat diperkuat, terutama melalui kegiatan penjangkauan berkelanjutan tentang perundungan dan kesehatan mental anak usia sekolah.

Downloads

Published

2025-11-15

How to Cite

Tesha Hestyana Sari, M. Diffa Oktavian, Resti Maharani, Sella Nuraini, Zizi Muharriyza, Regina Dirgahayu Putri, Ova Tsabita, Mutiara Dewi Suraya Ningsih, Rahmah Ikhwatul Risda, Febyana Lestari, Neni Nevita Sari, Lidia Hati, & Daffa Sabrina Amelia. (2025). PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA SEKOLAH DASAR TENTANG BULLYING MELALUI PENDIDIKAN KESEHATAN INTERAKTIF . PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(06), 2017–2024. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/872