PELATIHAN MODERASI BERAGAMA, DEEP LEARNING DAN PEMANFAATAN TIK BAGI GURU MAN 1 MUARO JAMBI DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN INOVATIF

Authors

  • Reli Handayani English Education Study Program, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia
  • Ilham Falani Mathematics Education Study Program, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia
  • Tubagus Zam Zam Al Arif English Education Study Program, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia
  • Mukhlas Abrar English Education Study Program, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia
  • Ervan Johan Wicaksana Biology Education Study Program, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia
  • Nunung Fajaryani English Education Study Program, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia

Keywords:

moderasi beragama, deep learning; teknologi informasi dan komunikasi; guru; pembelajaran inovatif

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru MAN 1 Muaro Jambi dalam mengintegrasikan nilai-nilai moderasi beragama, pendekatan Deep Learning, serta pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran inovatif. Latar belakang kegiatan ini berangkat dari pentingnya menanamkan sikap toleransi, berpikir kritis, dan adaptasi terhadap perkembangan teknologi dalam proses pendidikan abad ke-21. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan partisipatif dan kolaboratif melalui tahapan analisis kebutuhan, pelatihan, workshop, serta evaluasi hasil. Data diperoleh melalui observasi, post-test, dan praktik langsung penggunaan media digital seperti Slido. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa guru memiliki pemahaman sangat baik terhadap konsep moderasi beragama (rata-rata 4,5), pendekatan Deep Learning (4,4), dan evaluasi pembelajaran (4,3). Selain itu, peserta berhasil membuat dan mengoperasikan ruang interaksi berbasis Slido secara mandiri, yang mencerminkan peningkatan kompetensi digital. Secara keseluruhan, pelatihan ini berhasil memperkuat kesiapan guru dalam merancang pembelajaran yang reflektif, kolaboratif, dan berorientasi pada karakter siswa. Program ini diharapkan menjadi model pengembangan kapasitas guru madrasah dalam mewujudkan pembelajaran yang inovatif, moderat, dan adaptif terhadap tantangan era digital.

Author Biographies

Reli Handayani, English Education Study Program, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia

 

 

Ilham Falani, Mathematics Education Study Program, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia

 

 

Tubagus Zam Zam Al Arif, English Education Study Program, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia

 

 

Mukhlas Abrar, English Education Study Program, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia

 

 

Downloads

Published

2025-11-15

How to Cite

Handayani, R., Falani, I., Zam Zam Al Arif, T., Abrar, M., Johan Wicaksana, E., & Fajaryani, N. (2025). PELATIHAN MODERASI BERAGAMA, DEEP LEARNING DAN PEMANFAATAN TIK BAGI GURU MAN 1 MUARO JAMBI DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN INOVATIF . PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(06), 1991–2001. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/865