PELATIHAN TINDAK TUTUR MELALUI INTERAKSI PENYIAR: PENGALAMAN MAGANG SPADA RRI PRO 2 MAKASSAR

Authors

  • Muhammad Alfian Tuflih Universitas Negeri Makassar
  • Asia M Asia M Universitas Negeri Makassar
  • Mayong Mayong Universitas Negeri Makassar
  • Adelia Ramadhani Armin Universitas Negeri Makassar
  • Sarina Sarina Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Tindak Tutur, Penyiar Radio, Program SPADA RRI Pro 2 Makassar

Abstract

Salah satu program unggulan yang disiarkan oleh RRI Pro 2 Makassar adalah SPADA (Selamat Pagi Teman Pro 2), yang menyapa pendengar muda dengan cara yang santai, interaktif, dan penuh semangat. Berdasarkan pengalaman dan pengamatan mahasiswa magang dari Universitas Negeri Makassar (UNM) di RRI Pro 2 Makassar, artikel ini bertujuan untuk menjelaskan tindak tutur dan bentuk interaksi dalam program SPADA. Selama siaran, observasi langsung dan wawancara informal dilakukan dengan penyiar dan narasumber. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa, melalui sapaan khas dan penggunaan humor ringan, Tindak tutur penyiar didominasi oleh bahasa yang komunikatif, hangat, dan akrab dengan pendengar. Sebagian besar, interaksi antara penyiar, narasumber, dan terjadi secara langsung di studio, dan pendengar secara virtual melalui radio atau rri digital. Namun, interaksi langsung lebih sering terjadi. Sebagai hasilnya, hubungan antara penyiar dan audiens semakin erat karena pendengar berpartisipasi aktif dalam segmen Bisik Bincang Asik dan kesempatan untuk request lagu. Suara yang dihasilkan menjadi hidup, dinamis, dan ramah. Singkatnya, Tindak tutur yang santai dan interaksi yang terbuka menjadi ciri khas program SPADA, yang berhasil menarik minat pendengar muda dan memperkuat peran radio sebagai media komunikasi publik yang positif dan menyenangkan.

Downloads

Published

2025-09-15

How to Cite

Muhammad Alfian Tuflih, Asia M, A. M., Mayong, M., Armin, A. R., & Sarina, S. (2025). PELATIHAN TINDAK TUTUR MELALUI INTERAKSI PENYIAR: PENGALAMAN MAGANG SPADA RRI PRO 2 MAKASSAR. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(05), 1870–1876. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/857