PEMBERDAYAAN MAHASISWA MELALUI PELATIHAN MEMBANGUN PERSONAL BRAND POSITIF DENGAN KOMUNIKASI EFEKTIF

Authors

  • Misnawaty Usman Universitas Negeri Makassar
  • Himala Praptami Adys Universitas Negeri Makassar
  • Himaya Praptani Adys Universitas Negeri Makassar
  • Ernawati Ernawati Universitas Negeri Makassar
  • Nurming Saleh Universitas Negeri Makassar

Keywords:

personal brand, komunikasi efektif, pengembangan mahasiswa, pemberdayaan, karier profesional

Abstract

Era transformasi digital dan globalisasi menciptakan paradigma baru yang menuntut mahasiswa membangun personal brand sebagai strategi kompetitif dalam menghadapi pasar kerja global yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas program pelatihan personal brand melalui komunikasi efektif pada 30 mahasiswa dari berbagai tingkat semester sebagai persiapan menghadapi dinamika profesional masa depan. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan interaktif komprehensif meliputi penyampaian materi fundamental personal brand, strategi komunikasi efektif, implementasi praktis, dan diskusi interaktif. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner kepuasan terstruktur, observasi partisipasi, dan feedback kualitatif peserta untuk memastikan validitas hasil penelitian. Temuan penelitian menunjukkan hasil signifikan dengan 92% peserta menyatakan sangat puas terhadap kualitas materi, 90% menilai program sangat bermanfaat untuk pengembangan karier jangka panjang, dan 88% merekomendasikan program serupa. Program terbukti efektif meningkatkan pemahaman mendalam tentang konsep personal brand dan penguasaan komunikasi efektif sebagai fondasi krusial persiapan karier global.

Kata Kunci: personal brand, komunikasi efektif, pengembangan mahasiswa, pemberdayaan, karier profesional

 

Downloads

Published

2025-09-15

How to Cite

Usman, M., Adys, H. P., Adys, H. P., Ernawati, E., & Saleh, N. (2025). PEMBERDAYAAN MAHASISWA MELALUI PELATIHAN MEMBANGUN PERSONAL BRAND POSITIF DENGAN KOMUNIKASI EFEKTIF. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(05), 1814–1822. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/848