PENERAPAN POLA ASUH GIZI SEIMBANG PADA ANAK TK DI DESA PUPUS
Keywords:
Balanced Nutrition; Parenting; Frozen Food; Early Childhood;Abstract
Perubahan pola makan modern semakin mempengaruhi kebiasaan makan anak-anak usia dini. Salah satu fenomena yang muncul di rumah tangga adalah meningkatnya konsumsi makanan cepat saji dan makanan beku di kalangan anak-anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemahaman, praktik, dan tantangan orang tua dalam menerapkan gizi seimbang di lingkungan pendidikan anak usia dini, khususnya di TK RA Muslimat 105 Al-Hidayah, Desa Pupus, Ponorogo. Menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, pengamatan partisipatif, dan dokumentasi dengan orang tua, guru, dan administrator sekolah. Temuan menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua memiliki pemahaman yang terbatas tentang gizi seimbang, seringkali mengidentikkan makanan bergizi dengan makanan yang mengenyangkan seperti nasi atau mie instan. Makanan beku sering diberikan kepada anak-anak karena praktis, preferensi rasa anak-anak, dan keterjangkauan harganya. Praktik pengasuhan di rumah cenderung tidak konsisten, dengan sebagian orang tua membiarkan anak-anak memilih makanan yang kurang sehat secara bebas, sementara yang lain berusaha memperkenalkan makanan lokal yang kaya nutrisi seperti tempe, telur, dan sayuran, meskipun tidak secara konsisten. Sekolah memainkan peran penting sebagai agen perubahan melalui program pendidikan gizi, makan bersama, dan keterlibatan orang tua, yang mulai mengubah perilaku orang tua secara positif. Studi ini menyimpulkan bahwa pola asuh berbasis gizi seimbang sangat penting dalam mencegah masalah gizi ganda seperti obesitas dan kelaparan tersembunyi. Intervensi berbasis komunitas, kolaborasi sekolah, dan kesadaran orang tua sangat penting dalam membentuk kebiasaan makan sehat pada masa kanak-kanak
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.