ANALISIS EFEKTIVITAS PENERAPAN MUAMALAT DIN DALAM PELAYANAN NASABAH BANK MUAMALAT CABANG KEPANJEN

Authors

  • Ahmad Khoirul Fanani Universitas Islam Raden Rahmat
  • Ana Nurwakhidah Universitas Islam Raden Rahmat

Keywords:

Muamalat DIN, Efektivitas, Meningkatkan Pelayanan

Abstract

Perkembangan digitalisasi perbankan mendorong lembaga keuangan syariah untuk beradaptasi agar mampu bersaing dengan bank konvensional dan fintech. Bank Muamalat Indonesia merespons kebutuhan tersebut dengan menghadirkan aplikasi Muamalat DIN (Digital Islamic Network) sebagai layanan perbankan berbasis digital. Pengabdian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan layanan mobile banking Muamalat DIN dalam meningkatkan efisiensi dan kemudahan bertransaksi pada pelayanan nasabah di Bank Muamalat Cabang Kepanjen. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan partisipatif, data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara semi-terstruktur dengan pegawai dan nasabah, serta dokumentasi selama periode magang dari Februari hingga Maret 2024. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa penerapan Muamalat DIN terbukti efektif. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan pesat minat nasabah, terutama dari kalangan milenial, yang didukung oleh data pertumbuhan pengguna aktif sebesar 19% secara year on year per November 2024. Efektivitas ini didorong oleh fitur-fitur unggulan seperti Digital Customer On Boarding yang memungkinkan pembukaan rekening secara daring dalam waktu singkat, layanan fleksibel seperti tarik tunai di Indomaret dan pembayaran QRIS, serta fitur Islami terintegrasi (Hijrah Lounge dan Ziswaf). Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan literasi digital pada sebagian nasabah dan isu teknis, secara keseluruhan Muamalat DIN berhasil memenuhi kebutuhan nasabah modern dan meningkatkan kualitas pelayanan Bank Muamalat. Pengabdian ini menyimpulkan bahwa inovasi digital sangat penting untuk mendukung prinsip muamalat yang adil dan transparan, sekaligus memperluas inklusi keuangan syariah.

Downloads

Published

2025-09-15

How to Cite

Fanani, A. K., & Nurwakhidah, A. (2025). ANALISIS EFEKTIVITAS PENERAPAN MUAMALAT DIN DALAM PELAYANAN NASABAH BANK MUAMALAT CABANG KEPANJEN . PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(05), 1714–1725. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/824