PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP GAYA DAN GERAK MELALUI EDUKASI VIDEO PEMBELAJARAN DI SDI TETANDARA

Authors

  • Adi Neneng Abdullah Universitas Flores
  • Yasinta Novanti Mbupu Universitas Flores
  • Fidelis Sama Ria Raso Universitas Flores
  • Fransiska Kabrini Dhambo Universitas Flores

Keywords:

peningkatan dan pemahaman

Abstract

Penguasaan konsep gaya dan gerak dalam pembelajaran sains sering menjadi tantangan bagi siswa sekolah dasar karena sifatnya yang abstrak dan membutuhkan pemahaman konseptual yang mendalam. Untuk mengatasi hal ini, kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan di SDI Tetandara dengan tujuan meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa melalui media video pembelajaran interaktif. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakt ini adalah pendekatan partisipatif edukatif, yang menekankan keterlibatan aktif siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Video yang digunakan dirancang dengan animasi dan narasi yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman siswa. Hasil pelaksanaan menunjukkan peningkatan minat dan keterlibatan siswa. Mereka tampak lebih fokus, aktif bertanya, dan antusias selama pembelajaran. Guru juga memberikan tanggapan positif karena media video dianggap membantu siswa memahami materi lebih cepat dibandingkan metode ceramah. Kesimpulannya, media video pembelajaran terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa sekolah dasar pada materi gaya dan gerak. Media ini menjembatani konsep abstrak dengan pengalaman belajar yang konkret dan menyenangkan. Oleh karena itu, penggunaan media visual seperti video layak untuk terus dikembangkan dalam pembelajaran sains di tingkat dasar.

Downloads

Published

2025-07-15

How to Cite

Adi Neneng Abdullah, Mbupu, Y. N., Raso, F. S. R., & Dhambo, F. K. (2025). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP GAYA DAN GERAK MELALUI EDUKASI VIDEO PEMBELAJARAN DI SDI TETANDARA. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(04), 1642–1647. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/814

Issue

Section

ARTICLES