PENGENALAN KLASIFIKASI ZAT KEPADA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MEDIA INTERAKTIF DAN PERMAINAN EDUKASI

Authors

  • Adi Neneng Abdullah Universitas Flores
  • Anastasia wea Universitas Flores
  • Yuliana Banunaek Universitas Flores

Keywords:

klasifikasi zat, media interaktif, permainan edukasi, siswa sekolah dasar, pembelajaran sains

Abstract

Pengenalan konsep klasifikasi zat kepada siswa sekolah dasar seringkali menjadi tantangan karena sifat materi yang abstrak dan kurangnya media pembelajaran yang menarik. kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi efektivitas media interaktif dan permainan edukasi dalam membantu siswa memahami klasifikasi zat berdasarkan wujud (padat, cair, gas) dan sifat-sifatnya. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV sekolah dasar. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa media interaktif dan permainan edukasi mampu meningkatkan pemahaman siswa secara signifikan, ditunjukkan melalui peningkatan skor pre-test dan post-test, serta tingginya minat dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Dengan demikian, penggunaan media pembelajaran yang menarik dan interaktif terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep sains dasar pada siswa sekolah dasar.

Downloads

Published

2025-07-15

How to Cite

Adi Neneng Abdullah, wea, A., & Banunaek, Y. (2025). PENGENALAN KLASIFIKASI ZAT KEPADA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MEDIA INTERAKTIF DAN PERMAINAN EDUKASI. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(04), 1623–1628. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/812

Issue

Section

ARTICLES