MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SEKOLAH DASAR SWASTA MUHAMMADIYAH MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIDIO EDUKATIF DAN KONTEKS KEHIDUPAN NYATA

Authors

  • Nining Sariyyah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Elvensia Fransiska Korain Universitas Flores
  • Kurnia Faradila Universitas Flores
  • Andriani Saputri Bela Universitas Flores
  • Raymundus Lullus Mere Universitas Flores
  • Maria Adelina Bunga Universitas Flores
  • Velencia Agatha Fanu Nitti Universitas Flores

Keywords:

pengabdian masyarakat, sains, pembelajaran menyenangkan, pendidikan dasar, science fun day

Abstract

Rendahnya minat dan pemahaman siswa sekolah dasar terhadap mata pelajaran sains menjadi salah satu tantangan dalam dunia pendidikan. Pembelajaran yang bersifat monoton dan tidak kontekstual sering kali menyebabkan siswa kurang tertarik untuk memahami konsep-konsep dasar sains.pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa melalui pendekatan pembelajaran yang menyenangkan,interaktif,dan kontekstual.Kegiatan dilaksanakan di SD Swasta muhammadiyah dengan melibatkan seluruh siswa.Metode yang digunakan mencakup eksperimen sederhana, permainan edukatif, dan demonstrasi interaktif yang dikemas dalam kegiatan bertema Science Fun Day.Kegiatan dirancang berbasis pendekatan experiential learning dan dikaitkan dengan konteks kehidupan nyata siswa.Hasil observasi dan kuesioner menunjukkan bahwa siswa sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Selain itu, ditemukan peningkatan dalam pemahaman siswa terhadap konsep-konsep dasar seperti gaya,cahaya, dan perubahan wujud benda.Kegiatan ini juga mendorong siswa untuk berpikir kritis serta aktif bertanya selama proses berlangsung.Temuan ini membuktikan bahwa pendekatan pembelajaran sains yang kreatif, menyenangkan, dan berbasis pengalaman nyata dapat menjadi alternatif solusi dalam menumbuhkan literasi sains sejak dini. Kesimpulannya,model pembelajaran yang interaktif dan kontekstual terbukti efektif dalam meningkatkan minat belajar dan pemahaman konseptual siswa sekolah dasar, serta dapat diterapkan secara berkelanjutan di lingkungan pendidikan dasar.

Downloads

Published

2025-07-15

How to Cite

Nining Sariyyah, Korain, E. F., Faradila, K., Bela, A. S., Mere, R. L., Bunga, M. A., & Nitti, V. A. F. (2025). MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SEKOLAH DASAR SWASTA MUHAMMADIYAH MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIDIO EDUKATIF DAN KONTEKS KEHIDUPAN NYATA. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(04), 1593–1601. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/810

Issue

Section

ARTICLES