REBRANDING PRODUK KOPI “JAPUNG” DI DESA KARANGAN DENGAN PACKAGING BARU DAN DIGITAL MARKETING

Authors

  • Fadila Wardinelsa Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Ainun Putri Utari Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Ellsa Diana Putri Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Nevi Khorunnisak Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Mega Kumala Sari Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Yusuf Adam Hilman Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Keywords:

Kopi, Strategi Pemasaran, UMKM

Abstract

Desa Karangan adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Badegan, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur. Di Desa Karangan juga terdapat produsen kopi yaitu “Kopi Japung” milik Ibu Supartiwi yang berdiri sejak tahun 2008. Kopi ini memiliki cita rasa tersendiri dan istimewa dengan aroma yang khas, melalui proses produksi tradisional dan dengan peralatan yang sangat sederhana. Proses produksi dimulai dari penggorengan biji kopi dengan cara disangrai diwajan gerabah (kreweng) yang dibakar menggunakan kayu bakar. Selanjutnya biji kopi digiling menggunakan mesin menjadi bubuk kopi dan dibungkus menggunakan plastik kiloan sebagai kemasan untuk dijual ke warung-warung atau dijual melalui whatsapp. Dengan diadakannya Seminar Digital Marketing, Labeling dan Kemasan Produk tim pengabdian Universitas Muhammadiyah Ponorogo mendampingi produsen Kopi Japung dalam hal pembuatan akun media sosial, logo, dan kemasan produk. Kegiatan dimulai dengan perkenalan, sosialisasi, evaluasi. Hasil dari kegiatan adalah kemasan produk lebih menarik dengan label Kopi Japung dengan perluasan pemasaran secara online.

Author Biographies

Ainun Putri Utari, Universitas Muhammadiyah Ponorogo

sosial

Ellsa Diana Putri, Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Sosial kemasyarakatan

Nevi Khorunnisak, Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Sosial Kemasyarakatan

Mega Kumala Sari, Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Sosial Kemasyarakatan

Yusuf Adam Hilman, Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Ilmu Pemerintahan

Downloads

Published

2023-09-20

How to Cite

Wardinelsa, F., Utari, A. P., Putri, E. D., Khorunnisak, N., Sari, M. K., & Hilman, Y. A. (2023). REBRANDING PRODUK KOPI “JAPUNG” DI DESA KARANGAN DENGAN PACKAGING BARU DAN DIGITAL MARKETING . PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 1(03), 478–484. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/81