REBRANDING PRODUK KOPI “JAPUNG” DI DESA KARANGAN DENGAN PACKAGING BARU DAN DIGITAL MARKETING
Keywords:
Kopi, Strategi Pemasaran, UMKMAbstract
Desa Karangan adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Badegan, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur. Di Desa Karangan juga terdapat produsen kopi yaitu “Kopi Japung” milik Ibu Supartiwi yang berdiri sejak tahun 2008. Kopi ini memiliki cita rasa tersendiri dan istimewa dengan aroma yang khas, melalui proses produksi tradisional dan dengan peralatan yang sangat sederhana. Proses produksi dimulai dari penggorengan biji kopi dengan cara disangrai diwajan gerabah (kreweng) yang dibakar menggunakan kayu bakar. Selanjutnya biji kopi digiling menggunakan mesin menjadi bubuk kopi dan dibungkus menggunakan plastik kiloan sebagai kemasan untuk dijual ke warung-warung atau dijual melalui whatsapp. Dengan diadakannya Seminar Digital Marketing, Labeling dan Kemasan Produk tim pengabdian Universitas Muhammadiyah Ponorogo mendampingi produsen Kopi Japung dalam hal pembuatan akun media sosial, logo, dan kemasan produk. Kegiatan dimulai dengan perkenalan, sosialisasi, evaluasi. Hasil dari kegiatan adalah kemasan produk lebih menarik dengan label Kopi Japung dengan perluasan pemasaran secara online.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.