PENGABDIAN MASYARAKAT: MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERUBAHAN ENERGI FASE B DI SDI TETANDARA MELALUI VIDEO PEMBELAJARAN

Authors

  • Nining Sariyyah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Teresita Mei Universitas Flores
  • Aurelia Reskin P M Universitas Flores
  • Vinsensia Almaria W Universitas Flores
  • Yohana Natalia T Universitas Flores

Keywords:

perubahan energi, video pembelajaran, fase B, pengabdian kepada masyarakat

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa sekolah dasar terhadap konsep perubahan energi, khususnya pada materi Fase B, melalui media video pembelajaran interaktif. Kegiatan dilakukan di SDI TETANDARA dengan melibatkan siswa kelas I sampai IV sebagai subjek utama. Metode yang digunakan meliputi pembuatan video pembelajaran berbasis animasi sederhana dan demonstrasi eksperimen, serta evaluasi sebelum dan sesudah pemutaran video. Selain itu, siswa menunjukkan antusiasme tinggi terhadap pembelajaran berbasis media visual. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan video pembelajaran dapat menjadi alternatif efektif dalam memperkuat pemahaman konsep sains di tingkat dasar. Kegiatan ini juga memberikan pelatihan kepada guru setempat agar dapat mengintegrasikan media serupa dalam pembelajaran rutin.Kegiatan ini tidak hanya berdampak positif terhadap pemahaman siswa, tetapi juga memberikan pengalaman baru bagi guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi. Dengan demikian, penggunaan video pembelajaran terbukti efektif dan relevan untuk diterapkan secara berkelanjutan dalam proses pembelajaran IPA di sekolah dasar, khususnya pada materi yang bersifat konseptual dan sulit dipahami melalui metode konsepsual.

Downloads

Published

2025-07-15

How to Cite

Nining Sariyyah, Mei, T., M, A. R. P., W, V. A., & T, Y. N. (2025). PENGABDIAN MASYARAKAT: MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERUBAHAN ENERGI FASE B DI SDI TETANDARA MELALUI VIDEO PEMBELAJARAN. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(04), 1575–1581. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/808

Issue

Section

ARTICLES