PELATIHAN PENYUSUNAN MODUL AJAR BERDIFERENSIASI UPT SD NEGERI 067250 MABAR HILIR MEDAN DELI

Authors

  • Zulfitri Zulfitri UMN Al Washliyah
  • Ayu Melati Ningsih UMN Al Washliyah
  • Harianto II UMN Al Washliyah
  • Miranda Valentin Br Pasaribu UMN Al Washliyah

Keywords:

Implementasi Kurikulum Merdeka, Modul Pengajaran Berdiferensiasi

Abstract

Banyaknya sekolah yang belum memahami urgensi kurikulum Merdeka mengakibatkan rendahnya kesiapan sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan bagi guru-guru SD di UPT SD NEGERI 067250 Medan dalam menyusun modul pembelajaran berdiferensiasi yang sesuai dengan kebutuhan siswa sebagai upaya meningkatkan kesiapan sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka jalur mandiri. Metode pendekatan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini meliputi seminar, workshop, dan pendampingan. Hasil evaluasi dari kegiatan ini tergolong efektif dengan capaian 91%. Berdasarkan hasil tugas penyusunan modul ajar yang dikumpulkan, sekitar 75% peserta telah memahami komponen-komponen modul ajar dalam kurikulum Merdeka, namun masih kesulitan melakukan asesmen awal dan diferensiasi pembelajaran dalam perencanaannya. Selain itu, respon guru terhadap kegiatan pendampingan menunjukkan bahwa kegiatan ini bermanfaat bagi guru untuk persiapan mengimplementasikan kurikulum Merdeka di tahun ajaran baru. Kegiatan pendampingan ini juga memberikan pengalaman langsung kepada guru dalam memanfaatkan platform pengajaran Merdeka dan mengadaptasi modul pengajaran agar sesuai dengan kebutuhan masing-masing satuan pendidikan.

Downloads

Published

2025-07-15

How to Cite

Zulfitri, Z., Ningsih, A. M., II, H., & Pasaribu, M. V. B. (2025). PELATIHAN PENYUSUNAN MODUL AJAR BERDIFERENSIASI UPT SD NEGERI 067250 MABAR HILIR MEDAN DELI. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(04), 1570–1574. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/807

Issue

Section

ARTICLES