MEMBANGUN RASA PERCAYA DIRI DALAM BERBAHASA INGGRIS : PKM DI SDI WOLOWONA 2
Keywords:
pendekatan komunikatif, pembelajaran bahasa Inggris, siswa sekolah dasar, kepercayaan diri, pengabdian masyarakatAbstract
Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas III SDI Wolowona 2 dalam berbahasa Inggris melalui pendekatan komunikatif. Menyadari bahwa bahasa Inggris sering dianggap sulit dan kurang menarik oleh siswa sekolah dasar, program ini menerapkan strategi pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan sesuai dengan kebutuhan siswa. Metode utama yang digunakan adalah pembelajaran tatap muka yang didukung oleh lagu, permainan peran, permainan edukatif, dan media visual untuk membantu pemahaman dan partisipasi siswa. Materi yang diberikan mencakup topik dasar bahasa Inggris seperti salam, memperkenalkan diri, menyatakan kesukaan, dan ungkapan sopan santun. Program ini dilaksanakan dalam beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Selama pelaksanaan, siswa aktif melakukan percakapan berpasangan, bernyanyi, dan latihan kosakata yang menciptakan suasana kelas yang dinamis dan mendukung. Pada tahap akhir, dilakukan sesi refleksi dan wawancara informal untuk mengetahui tanggapan siswa. Kemudian tim pelaksana memberikan tes sederhanakepada peserta didik dan hasilnya menunjukkan adanya peningkatan keberanian siswa berbicara dalam bahasa Inggris, kepercayaan diri yang lebih tinggi, serta motivasi belajar yang meningkatdi lihat dari hasil tes sederhana yang di berikan tim pelaksana. yang menjunjukan Pendekatan yang komunikatif dan menyenangkan ini terbukti efektif dalam mendukung pengembangan keterampilan berbicara dan membangun kepercayaan diri siswa sejak dini.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.