PENERAPAN VIDIO PEMBELAJARAN KONSEP KLASIFIKASI ZAT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SAINS DI SDI ENDE 15

Authors

  • Maria Fabiola Sarlota Universitas Flores
  • Selfiana Susi Universitas Flores
  • Marsiana Bibi Universitas Flores
  • Ferdinandus Rengu Universitas Flores

Keywords:

video pembelajaran, klasifikasi zat, motivasi belajar, sains, sekolah dasar

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media video pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi klasifikasi zat di SDI Ende 15. Rendahnya minat dan motivasi siswa terhadap pembelajaran sains, khususnya pada konsep klasifikasi zat, menjadi salah satu kendala dalam pencapaian tujuan pembelajaran secara optimal. Oleh karena itu, media video dipilih sebagai alternatif yang mampu menyajikan materi secara visual dan menarik, sehingga diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar siswa. Pengabdian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek siswa kelas V. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket motivasi belajar. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran secara terencana dan interaktif mampu menarik perhatian siswa, meningkatkan rasa ingin tahu, dan mendorong partisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, media video pembelajaran efektif digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam memahami konsep klasifikasi zat di sekolah dasar.

Downloads

Published

2025-07-15

How to Cite

Sarlota, M. F., Susi, S., Bibi, M., & Rengu, F. (2025). PENERAPAN VIDIO PEMBELAJARAN KONSEP KLASIFIKASI ZAT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SAINS DI SDI ENDE 15. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(04), 1346–1351. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/791

Issue

Section

ARTICLES