PENERAPAN VIDIO PEMBELAJARAN KONSEP KLASIFIKASI ZAT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SAINS DI SDI ENDE 15
Keywords:
video pembelajaran, klasifikasi zat, motivasi belajar, sains, sekolah dasarAbstract
Pengabdian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media video pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi klasifikasi zat di SDI Ende 15. Rendahnya minat dan motivasi siswa terhadap pembelajaran sains, khususnya pada konsep klasifikasi zat, menjadi salah satu kendala dalam pencapaian tujuan pembelajaran secara optimal. Oleh karena itu, media video dipilih sebagai alternatif yang mampu menyajikan materi secara visual dan menarik, sehingga diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar siswa. Pengabdian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek siswa kelas V. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket motivasi belajar. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran secara terencana dan interaktif mampu menarik perhatian siswa, meningkatkan rasa ingin tahu, dan mendorong partisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, media video pembelajaran efektif digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam memahami konsep klasifikasi zat di sekolah dasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.