KEGIATAN PRATIKUM PADA SISWA KELAS V SDK NANGAMBOA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DI KELAS MELALUI PENGALAMAN LANGSUNG

Authors

  • Adi Neneng Abdullah Universitas Flores
  • Eudoksia Putri Wea Universitas Flores
  • Fransiska Lista Mbora Universitas Flores

Keywords:

Metode Pratikum, Aktilitas Belajar Siswa, Metode Project Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Kegiatan praktikum sains di SDK Nangamboa dilaksanakan sebagai bagian dari upaya meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep dasar IPA melalui pendekatan kontekstual dan pengalaman langsung. Praktikum ini mencakup empat materi utama, yaitu bunyi, gaya dan gerak, alam semesta, serta cahaya. Pada materi bunyi, siswa melakukan pengamatan terhadap sumber bunyi menggunakan lonceng dan trompet untuk memahami bahwa bunyi berasal dari benda yang bergetar. Pada materi gaya dan gerak, siswa melakukan kegiatan mendorong kursi dan menjatuhkan bola untuk mengamati pengaruh gaya terhadap gerakan benda. Materi alam semesta difokuskan pada pengenalan tata surya, di mana siswa mempelajari urutan planet dan karakteristiknya melalui media visual dan model sederhana. Pada materi cahaya, siswa melakukan percobaan untuk membuktikan bahwa cahaya dapat merambat lurus, dipantulkan oleh cermin, dibiaskan oleh air, serta dibelokkan oleh kaca berwarna. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa lebih mudah memahami konsep-konsep sains melalui eksperimen langsung, serta menunjukkan antusiasme tinggi dalam proses pembelajaran. Kegiatan ini mendukung penerapan Kurikulum Merdeka dengan menekankan pembelajaran aktif, kolaboratif, dan bermakna.

Downloads

Published

2025-07-15

How to Cite

Adi Neneng Abdullah, Wea, E. P., & Mbora, F. L. (2025). KEGIATAN PRATIKUM PADA SISWA KELAS V SDK NANGAMBOA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DI KELAS MELALUI PENGALAMAN LANGSUNG. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(04), 1330–1336. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/788

Issue

Section

ARTICLES