EFEKTIVITAS PENYULUHAN BENCANA BANJIR TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP ANAK SDN 100 KENDARI DALAM MENGHADAPI BENCANA DI KOTA KENDARI
Keywords:
Bencana, banjir, sekolah, penyuluhan, efektivitasAbstract
Banjir merupakan salah satu bencana alam yang paling sering terjadi di Indonesia dan memiliki dampak signifikan terhadap kelompok rentan, terutama anak-anak. Pengabdian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penyuluhan kebencanaan terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap kesiapsiagaan bencana banjir pada siswa kelas V SDN 100 Kendari. Metode yang digunakan adalah pendekatan analitik observasional dengan desain cross-sectional, dengan pengumpulan data melalui kuesioner pre-test dan post-test. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan sikap siswa setelah diberikan penyuluhan menggunakan media edukatif visual dan interaktif. Selain meningkatkan pemahaman, penyuluhan juga membentuk sikap positif siswa terhadap kesiapsiagaan bencana. Keberhasilan kegiatan ini didukung oleh partisipasi aktif guru dan siswa, serta kerja sama tim pelaksana. Kendala utama adalah keterbatasan kehadiran anggota tim dan kesiapan perlengkapan. Temuan ini mengindikasikan bahwa penyuluhan di tingkat sekolah dasar merupakan strategi efektif dalam membangun budaya siaga bencana sejak dini, dan dapat menjadi dasar pengembangan sekolah siaga bencana di wilayah rawan seperti Kota Kendari.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.