PELATIHAN PENYUSUNAN ASESMEN PEMBELAJARAN BERBASIS GAMIFIKASI DENGAN ANALISA PEMODELAN RASCH BAGI GURU SD PENANGGUNGAN KOTA MALANG
Keywords:
digitalisasi, asesmen, gamifikasi, Aplikasi Kahoot!, pemodelan RaschAbstract
Digitalisasi dalam pembelajaran terus berkembang pada era sekarang ini. Kemampuan guru dalam penyusunan asesmen dan analisanya berbasis digital sangat diperlukan. Salah satu alat evalusi yang dapat menjangkau perkembangan mutakhir yaitu asesmen berbasis gamifikasi. Gamifikasi dalam pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Agar instrumen yang disusun mengukur sesuatu tujuan yang akan diukur, maka diperlukan validitas instrumen. Untuk menguji validitas instrument test yang berbasis digital perlu digunakan aplikasi program. Tujuan pengabdian ini melakukan pelatihan kepada guru SD tentang penyusunan asesmen berbasis gamifikasi dan validitas instrument dengan pemodelan Rusch. Metode yang dilakukan pada pengabdian ini penyiapan bahan pelatihan, pelaksanaan pelatihan, peserta praktek melakukan penyusunan asesmen berbasis gamifikasi, monitoring dan pendampingan, serta analisa validitas soal evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian guru-guru sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan, melakukan tanya jawab tentang materi pelatihan, dapat melakukan praktek penyusunan contoh asesmen berbasis gamifikasi yaitu Aplikasi Kahoot! dan Quizizz serta analisa validitasnya. Kelancaran dari pelatihan ini didukung adanya fasilitas yang memadai akan tetapi jaringan yang terkadang kurang stabil dapat menjadi factor penghambat. Kemampuan menyusun asesmen berbasis gamifikasi serta analisanya berbasis digital adalah salah satu upaya yang dapat digunakan untuk meningkatkan kompetensi guru abad 21.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.