MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA GURU UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA MIM 01 CIPUTAT
Keywords:
pelatihan guru, Numbered Head Together, pembelajaran kooperatif, konsentrasi belajar, MIM 01 CiputatAbstract
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan dampak pelatihan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) bagi guru dalam upaya meningkatkan konsentrasi belajar siswa di MIM 01 Ciputat. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi lapangan yang mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pelatihan dilaksanakan dalam bentuk workshop, simulasi pembelajaran, penyusunan RPP berbasis NHT, serta pendampingan implementasi di kelas. Hasil pengabdian kepada Masyarakat ini menunjukkan bahwa pelatihan ini berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menerapkan sintaks NHT secara tepat. Implementasi model ini di kelas menghasilkan peningkatan signifikan pada konsentrasi belajar siswa, ditunjukkan melalui peningkatan keterlibatan aktif dalam diskusi, kemampuan menjawab pertanyaan, dan daya fokus terhadap materi. Dari sisi guru, terjadi peningkatan kompetensi pedagogik dalam merancang pembelajaran yang lebih partisipatif dan menyenangkan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.















