PENDAMPINGAN PENGUATAN KETERAMPILAN PEMBELAJARAN ABAD 21 BAGI GURU TINGKAT SEKOLAH DASAR SAMARINDA

Authors

  • Gamar Al Haddar Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

Keywords:

Keterampilan abad 21, guru SD

Abstract

Pembelajaran abad 21 terdiri dari kemampuan literasi, kecakapan pengetahuan, keterampilan dan sikap serta penguasaan teknologi. Dalam pelaksanaannya keterampilan pembelajaran abad 21 yakni 4C terdiri dari Berpikir kritis dan inovasi (Creativity Thinking and Innovation), berpikir kiritis dan penyelesaian masalah ( Creativity Thinking and problem solving), komunikasi (Communication) dan kerjasama ( Collaboration) Keterampilan 4C merupakan keterampilan yang dibutuhkan bagi pendidik abad 21. Pengusaan keterampilan 4C ini mendukung pembelajaran abad 21. Dalam kegiatan pengabdian ini akan diberikaan ilmu dan  penguatan kepada guru pendidik sekolah dasar agar membuka pikirannya, mengasah keterampilannya untuk memiliki dan menerapkan 4C. pengabdian dilaksanakan bulan april sampai mei 2023. Metode yang digunakan adalah pendampingan dan penguatan keterampilan bagi guru tingkat sekolah dasar. Berdasarkan Hasil kegiatan yang telah dilaksanakan maka dapat diketahui adanya penambahan pengetahuan bagi guru untuk menerapkan 4C dimulai dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan. Berpikir kritis dan terus melakukan inovasi dalam kegiatan pembelajaran sehingga perserta didik mendapatkan pengalaman belajar yang lebih berharga dan berkesan. Guru menerapkan pembelajaran yang menekankan siswa untuk berpikir kritis dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi melalui kegiatan belajar yang menantang. Adanya interaksi yang baik antar guru dengan siswa, siswa dengan siswa serta kerjasama yang kuat dan solid dalam kegiatan pembelajaran

Downloads

Published

2023-07-23

How to Cite

Gamar Al Haddar. (2023). PENDAMPINGAN PENGUATAN KETERAMPILAN PEMBELAJARAN ABAD 21 BAGI GURU TINGKAT SEKOLAH DASAR SAMARINDA. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 1(2), 413–418. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/76

Issue

Section

ARTICLES