PELATIHAN PEMANFAATAN APLIKASI TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BAGI GURU SEKOLAH MENENGAH KABUPATEN MUARO JAMBI

Authors

  • Dedy Kurniawan
  • Hidayati Hidayati Universitas Jambi
  • Tubagus Zam Zam Al Arif Universitas Jambi
  • Delita Sartika Universitas Jambi
  • Reli Handayani Universitas Jambi

Keywords:

Aplikasi Pembelajaran, Guru, ICT, Media Pembelajaran, Teknologi

Abstract

Pesatnya perkembangan dan kemajuan teknologi saat ini berdampak pada peningkatan jumlah pengguna information and communication technology (ICT). Perkembangan teknologi tersebut melahirkan berbagai macam aplikasi yang dapat dimanfaatkan dalam konteks pembelajaran. Namun, perkembangan teknologi tersebut tidak dibarengi dengan peningkatan kompetensi guru dalam mengintegrasikan teknologi terhadap pembelajaran. Kondisi ini disebabkan karena guru kurang termotivasi dan tidak mendapatkan pengetahuan serta skills yang cukup untuk memanfaatkan aplikasi-aplikasi pembelajaran tersebut. Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan Aplikasi Teknologi sebagai media pembelajaran digital sekaligus menghasilkan artikel ilmiah sebagai hasil dari pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan. Pelatihan ini dilaksanakan secara tatap muka di sekolah menengah negeri di Kabupaten Muaro Jambi dengan agenda dan materi yang telah disiapkan oleh tim pengabdian. Jumlah peserta yang hadir dalam pelatihan ini sebanyak 50 orang guru yang berasal dari 4 sekolah berbeda yang berada di sekitar tempat pelaksanaan kegiatan. Materi pelatihan berupa praktik penggunaan aplikasi pembelajaran yaitu H5P. Hasilnya yaitu adanya peningkatan keterampilan peserta dalam mengembangkan media pembelajaran digital.

Downloads

Published

2025-07-15

How to Cite

Kurniawan, D., Hidayati, H., Al Arif, T. Z. Z., Sartika, D., & Handayani, R. (2025). PELATIHAN PEMANFAATAN APLIKASI TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BAGI GURU SEKOLAH MENENGAH KABUPATEN MUARO JAMBI. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(04), 1608–1615. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/746

Issue

Section

ARTICLES