PELATIHAN KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KOMUNIKASI SISWA KELAS VII.5 SMPN 27 MAKASSAR

Authors

  • Muhammad Alfian Tuflih Universitas Negeri Makassar
  • Mayong Mayong Universitas Negeri Makassar
  • Ridwan Ridwan Universitas Negeri Makassar
  • Wulandari Wiastra Universitas Negeri Makassar
  • Earline Earline Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Bentuk, Kesantunan, Berbahasa, Siswa VII.5, SMPN 27 Makassar

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk menganalisis dan menggambarkan cara-cara kesantunan dalam percakapan lisan oleh siswa-siswi kelas VII. 5 di UPT SPF SMP Negeri 27 Makassar. Metode yang diterapkan bersifat humanis, yaitu mendekati siswa sebagai individu yang utuh, dengan memperhatikan perasaan, nilai-nilai, dan cara berinteraksi mereka sehari-hari. Penelitian ini  mengamati bagaimana siswa berbicara dengan sopan. Strategi yang digunakan dalam proses pembelajaran meliputi penyampaian materi, sesi diskusi, praktik, dan refleksi. Materi diberikan untuk memperkenalkan  kesantunan berbahasa, kemudian siswa diajak untuk berdiskusi sehingga dapat menghubungkan teori dengan pengalaman pribadi mereka. Setelah itu, praktik dilakukan melalui simulasi percakapan, dan kegiatan diakhiri dengan refleksi agar siswa menyadari pentingnya bersikap santun dalam komunikasi sehari-hari. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dapat mengenali dan menerapkan bentuk-bentuk kesantunan, seperti memilih sapaan yang sesuai, menggunakan kata-kata yang tidak menyinggung, serta menyampaikan pandangan dengan cara yang baik. Pendekatan humanis terbukti efektif dalam meningkatkan kesadaran tentang pentingnya berbahasa dengan santun karena siswa merasa dihargai dan lebih terbuka dalam berinteraksi.

Downloads

Published

2025-05-15

How to Cite

Muhammad Alfian Tuflih, Mayong, M., Ridwan, R., Wiastra, W., & Earline, E. (2025). PELATIHAN KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KOMUNIKASI SISWA KELAS VII.5 SMPN 27 MAKASSAR. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(03), 1155–1164. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/721

Issue

Section

ARTICLES