VIBOOK: 30-DAYS-CHALLENGE BOOK BERBASIS KONSEP ATOMIC HABITS UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA
Keywords:
Atomic Habits, Pembiasan Belajar, Pengembangan Kosakata, VIBOOKAbstract
Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menumbuhkan kebiasaan belajar kosakata bahasa Inggris secara mandiri di kalangan siswa MTs Aisyiyah Sungguminasa melalui pengembangan dan implementasi Vocabulary Improvement Book (VIBOOK), sebuah buku tantangan 30 hari yang dirancang dengan pendekatan pembiasaan berbasis teori Atomic Habits oleh James Clear. Kegiatan ini dilakukan selama tiga hari uji coba dengan tiga strategi utama: identity-based habit, set a clear time and place, dan use visual cues. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR), yang melibatkan siswa dan guru dalam seluruh proses perencanaan hingga pelaksanaan. Refleksi harian peserta dianalisis secara tematik untuk mengevaluasi efektivitas strategi pembiasaan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pendekatan habit-forming dapat meningkatkan motivasi dan kesadaran siswa dalam belajar kosakata secara konsisten. VIBOOK berpotensi menjadi media pembelajaran yang relevan, aplikatif, dan mampu mendorong budaya belajar mandiri dalam konteks sekolah dengan keterbatasan fasilitas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.