VIBOOK: 30-DAYS-CHALLENGE BOOK BERBASIS KONSEP ATOMIC HABITS UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA

Authors

  • La Sunra Universitas Negeri Makassar
  • Amra Ariyani Universitas Negeri Makassar
  • Suci Amalia Universitas Negeri Makassar
  • Mansyur Mansyur Universitas Negeri Makassar
  • Rifqah Rifqah Universitas Negeri Makassar
  • Nurul Ihsaniah Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Adnan Prasetyo Universitas Negeri Makassar
  • Ilham Farid Abdillah Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Atomic Habits, Pembiasan Belajar, Pengembangan Kosakata, VIBOOK

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menumbuhkan kebiasaan belajar kosakata bahasa Inggris secara mandiri di kalangan siswa MTs Aisyiyah Sungguminasa melalui pengembangan dan implementasi Vocabulary Improvement Book (VIBOOK), sebuah buku tantangan 30 hari yang dirancang dengan pendekatan pembiasaan berbasis teori Atomic Habits oleh James Clear. Kegiatan ini dilakukan selama tiga hari uji coba dengan tiga strategi utama: identity-based habit, set a clear time and place, dan use visual cues. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR), yang melibatkan siswa dan guru dalam seluruh proses perencanaan hingga pelaksanaan. Refleksi harian peserta dianalisis secara tematik untuk mengevaluasi efektivitas strategi pembiasaan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pendekatan habit-forming dapat meningkatkan motivasi dan kesadaran siswa dalam belajar kosakata secara konsisten. VIBOOK berpotensi menjadi media pembelajaran yang relevan, aplikatif, dan mampu mendorong budaya belajar mandiri dalam konteks sekolah dengan keterbatasan fasilitas.

Downloads

Published

2025-05-15

How to Cite

Sunra, L., Ariyani, A., Suci Amalia, Mansyur, M., Rifqah, R., Ihsaniah, N., Prasetyo, M. A., & Abdillah, I. F. (2025). VIBOOK: 30-DAYS-CHALLENGE BOOK BERBASIS KONSEP ATOMIC HABITS UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA . PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(03), 1180–1185. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/720

Issue

Section

ARTICLES