PENGGUNAAN AUTOGRADER DALAM UJIAN SUMATIF SISWA KELAS X

Authors

  • Ayra Zalikha Munir Universitas Negeri Makassar
  • Adelia Ramadhani Universitas Negeri Makassar
  • Nadifah Amaliyah Universitas Negeri Makassar
  • Musakkar Musakkar Universitas Negeri Makassar
  • Nur Aeni Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Autograder, kecerdasan buatan, penilaian otomatis, ujian sumatif, SMK

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi oleh permasalahan penilaian ujian secara manual yang masih umum dilakukan di sekolah, termasuk di SMKN 10 Makassar. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengimplementasikan aplikasi Autograder berbasis kecerdasan buatan guna membantu guru dalam melakukan penilaian ujian sumatif secara lebih efisien dan objektif. Metode yang digunakan meliputi pendampingan saat pelaksanaan ujian, serta evaluasi melalui observasi dan survey kepada siswa. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penggunaan Autograder mampu menghemat waktu koreksi dan memberikan hasil penilaian secara otomatis, terutama untuk soal pilihan ganda. Namun, untuk soal esai, aplikasi ini masih memiliki keterbatasan dalam menilai ragam jawaban yang berbeda struktur tetapi memiliki makna serupa.

Downloads

Published

2025-05-15

How to Cite

Munir, A. Z., Ramadhani , A., Amaliyah, N., Musakkar, M., & Aeni, N. (2025). PENGGUNAAN AUTOGRADER DALAM UJIAN SUMATIF SISWA KELAS X. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(03), 1131–1137. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/718

Issue

Section

ARTICLES