PENINGKATAN KOMPETENSI BAHASA INGGRIS AKADEMIK DOSEN FAKULTAS TEKNIK UNM MELALUI PELATIHAN IELTS BERBASIS LEVEL
Keywords:
Pelatihan IELTS, kompetensi dosen, pembelajaran berbasis level, Fakultas Teknik, UNMAbstract
Permasalahan rendahnya kompetensi bahasa Inggris akademik di kalangan dosen, khususnya pada aspek yang diukur melalui tes berstandar internasional seperti IELTS, masih menjadi tantangan di Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (UNM). Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dosen melalui pelatihan IELTS selama 20 pertemuan dengan pendekatan berbasis level (intermediate dan advance). Metode pelatihan meliputi placement test, pembelajaran diferensiatif sesuai level, latihan intensif, simulasi ujian, serta evaluasi berjenjang melalui post-test. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan skor pada seluruh keterampilan, terutama pada listening dan speaking. Pengelompokan kelas terbukti efektif dalam memfasilitasi kebutuhan belajar yang berbeda-beda. Kesimpulannya, pelatihan ini efektif dalam meningkatkan kompetensi bahasa Inggris dosen dan dapat direplikasi sebagai model pengembangan berkelanjutan di lingkungan perguruan tinggi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.