PENINGKATAN KOMPETENSI BAHASA INGGRIS AKADEMIK DOSEN FAKULTAS TEKNIK UNM MELALUI PELATIHAN IELTS BERBASIS LEVEL

Authors

  • Akhmad Affandi Universitas Negeri Makassar
  • Indrawaty Asfah Universitas Negeri Makassar
  • Fatmawati Akhmad Institut Parahikma Indonesia
  • Andi Muhammad Fadlih Universitas Negeri Makassar
  • Nurwahida Nurwahida Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Pelatihan IELTS, kompetensi dosen, pembelajaran berbasis level, Fakultas Teknik, UNM

Abstract

Permasalahan rendahnya kompetensi bahasa Inggris akademik di kalangan dosen, khususnya pada aspek yang diukur melalui tes berstandar internasional seperti IELTS, masih menjadi tantangan di Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (UNM). Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dosen melalui pelatihan IELTS selama 20 pertemuan dengan pendekatan berbasis level (intermediate dan advance). Metode pelatihan meliputi placement test, pembelajaran diferensiatif sesuai level, latihan intensif, simulasi ujian, serta evaluasi berjenjang melalui post-test. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan skor pada seluruh keterampilan, terutama pada listening dan speaking. Pengelompokan kelas terbukti efektif dalam memfasilitasi kebutuhan belajar yang berbeda-beda. Kesimpulannya, pelatihan ini efektif dalam meningkatkan kompetensi bahasa Inggris dosen dan dapat direplikasi sebagai model pengembangan berkelanjutan di lingkungan perguruan tinggi.

Downloads

Published

2025-05-15

How to Cite

Affandi, A., Asfah, I., Akhmad, F., Fadlih, A. M., & Nurwahida, N. (2025). PENINGKATAN KOMPETENSI BAHASA INGGRIS AKADEMIK DOSEN FAKULTAS TEKNIK UNM MELALUI PELATIHAN IELTS BERBASIS LEVEL. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(03), 1138–1147. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/716

Issue

Section

ARTICLES