BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI KEGIATAN RUTINITAS SISWA SEHARI-HARI DENGAN MATERI: I GO TO SCHOOL AFTER HAVING BREAKFAST KELAS IV SDK NANGARORO

Authors

  • Agustina Pali Universitas Flores
  • Maria Varina Bia Universitas Flores
  • Theresia Clarita Kumi Universitas Flores

Keywords:

Bahasa Inggris, pembelajaran dasar, rutinitas harian, picture and picture, siswa sekolah dasar, PKM

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dasar bahasa Inggris siswa kelas IV SDK Nangaroro yang berjumlah 21 orang, melalui materi bertema rutinitas harian. Metode yang digunakan adalah picture and picture, yakni model pembelajaran kooperatif yang mengandalkan media gambar untuk membantu siswa mengenal kosakata dan menyusun kalimat dalam bahasa Inggris. Kegiatan ini dirancang secara menyenangkan dan interaktif oleh Tim PKM yang berjumlah 9 orang yang dilakukan  dengan melibatkan ice breaking, lagu, dan permainan edukatif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa menjadi lebih antusias, percaya diri, dan aktif dalam pembelajaran bahasa Inggris. Kegiatan ini terbukti efektif dalam memperkenalkan bahasa Inggris kepada siswa sekolah dasar secara menyenangkan dan bermakna.

Downloads

Published

2025-05-15

How to Cite

Pali, A., Bia, M. V., & Kumi, T. C. (2025). BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI KEGIATAN RUTINITAS SISWA SEHARI-HARI DENGAN MATERI: I GO TO SCHOOL AFTER HAVING BREAKFAST KELAS IV SDK NANGARORO. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(03), 1057–1063. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/700

Issue

Section

ARTICLES