AKTIVASI KEGEMBIRAAN SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PERMAINAN BERBASIS GERAK DASAR

Authors

  • Muhammad Zulfikar Universitas Negeri Makassar
  • Hikmad Hakim Universitas Negeri Makassar
  • Abdul Rahman Universitas Negeri Makassar
  • Nurliani Universitas Negeri Makassar
  • Ihsan Abbas Universitas Negeri Makassar

Keywords:

kegembiraan, gerak dasar, sekolah dasar

Abstract

Kegembiraan siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani merupakan faktor penting yang memengaruhi motivasi dan partisipasi aktif anak, terutama di tingkat sekolah dasar. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengaktivasi kegembiraan siswa kelas 3 SD Inpres BTN IKIP 2 Kota Makassar melalui permainan berbasis keterampilan gerak dasar locomotor dan object control. Kegiatan dilaksanakan selama satu hari dengan tiga tahapan, yaitu sosialisasi dan diskusi dengan guru pendidikan jasmani, implementasi praktik permainan kelompok, serta evaluasi kegembiraan siswa melalui wawancara. Permainan yang diterapkan dirancang untuk merangsang perkembangan motorik sekaligus meningkatkan interaksi sosial antar siswa. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam ekspresi kegembiraan siswa, seperti senyum dan tawa, serta semangat dan partisipasi yang lebih aktif selama pembelajaran. Selain pengembangan keterampilan fisik, metode ini juga memperkuat aspek sosial dan psikologis siswa. Disimpulkan bahwa permainan berbasis keterampilan gerak dasar efektif untuk meningkatkan kegembiraan dan motivasi belajar siswa, sehingga disarankan untuk diintegrasikan secara rutin dalam pembelajaran pendidikan jasmani

Downloads

Published

2025-05-15

How to Cite

Zulfikar, M., Hakim, H., Rahman, A., Nurliani, & Abbas, I. (2025). AKTIVASI KEGEMBIRAAN SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PERMAINAN BERBASIS GERAK DASAR. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(03), 1107–1112. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/699

Issue

Section

ARTICLES