PENDAMPINGAN PERENCANAAN BERBASI DATA PADA LOKAKARYA SEKOLAH PENGGERAK ANGKATAN 3 DI KABUPATEN SUMBAWA BARAT

Authors

  • Muh. Yazid Universitas Hamzanwadi
  • Arif Rahman Hakim Universitas Hamzanwadi
  • Burhanuddin Burhanuddin Universitas Hamzanwadi

Keywords:

perencanaan berbasis data, kurikulum merdeka, raport pendidikan, sekolah penggerak

Abstract

Lokakarya ini ditujukan untuk pengawas, kepala sekolah, dan guru di tingkat sekolah dasar guna mengembangkan kemampuan dalam penyusunan perencanaan berbasis data pada kurikulum Merdeka. Mereka merupakan bagian dari program Sekolah Penggerak Angkatan 3. Pelaksanaan pengabdian dilakukan dengan metode tertentu. Dilaksanakan secara tatap muka selama tiga hari, dengan satu hari untuk persiapan lokakarya dan dua hari untuk pelaksanaan lokakarya. Pelayanan dilaksanakan selama 8 JP, menggunakan metode pembelajaran untuk orang dewasa, yang dihadiri oleh sebanyak 25 peserta. Lokakarya di lakukan di kabupaten sumbawa barat khusunya sekolah yang mengikuti program sekolah penggerak angkatan 3. Pada hari pertama atau sebelum lokakarya, materi pelatihan mencakup pembagian modul serta pengenalan antara narasumber dan peserta pengabdian. Pada hari lokakarya, materi disampaikan oleh pemateri  untuk memahami siklus peningkatan kualitas layanan unit Pendidikan. Penyusunan RKT dan RKAS dilakukan berdasarkan raport pendidikan dimasing masing sekolah. Sementara itu, hari terakhir dihabiskan untuk menyusun profil pendidikan, laporan pendidikan, perencanaan berbasis data di lembaga pendidikan atau satuan pendidikan masing masing sekolah yang mengikuti kegiatan, dan platform teknologi secara berkelompok. Di akhir lokakarya, peserta diharapkan dapat memahami prinsip, tujuan, dan metode perencanaan berbasis data.

Downloads

Published

2025-05-15

How to Cite

Yazid, M., Hakim, A. R., & Burhanuddin, B. (2025). PENDAMPINGAN PERENCANAAN BERBASI DATA PADA LOKAKARYA SEKOLAH PENGGERAK ANGKATAN 3 DI KABUPATEN SUMBAWA BARAT . PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(03), 1018–1024. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/684

Issue

Section

ARTICLES