PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN MENENTUKAN NILAI TEMPAT SERTA MENGURUTKAN BILANGAN SAMPAI 500 PADA SISWA KELAS II SD YPK SYALOM MEOSBEFONDI KABUPATEN SUPIORI

Authors

  • Elizabet Kafiar STKIP Biak, Kabupaten Biak Numfor

Keywords:

Alat Peraga Matematika, Nilai tempat, Bilangan

Abstract

Untuk menunjang terbentuknya sebuah motivasi belajar yang tinggi pada diri siswa dan hasil belajar matematika yang tinggi, sebagai guru kita harus lebih kreatif dan inovatif dalam melakukan pembelajaran di dalam kelas, khususnya dalam hal pengunaan alat peraga pembelajaran. Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika sangat berperan penting dalam kegiatan pembelajaran terutama pada siswa. Alat peraga berfungsi membantu siswa mengubah objek pembelajaran dalam  matematika dari yang bersifat abstrak menjadi konkret, sehingga dapat membantu siswa menerima atau memahami pelajaran matematika dengan lebih mudah. Melalui Kegiatan Pengabdian masyarakat  ini, penulis dapat mempraktekkan pembelajaran matematika yang abstrak dengan menggunakan benda konkret (alat peraga). Tujuan dari pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah agar guru memperoleh pengalaman nyata dalam mendidik dan membimbing siswa khususnya pada mata pelajaran matematika di sekolah. Dengan begitu, guru dapat memperoleh pengalaman serta mengetahui hambatan–hambatan dan tantangan dalam proses pembelajaran matematika di sekolah. Tahap pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama meliputi penentuan materi ajar, persiapan perangkat mengajar (persiapan alat peraga, penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pada Tahap kedua atau tahap pelaksanaan penerapan alat peraga penulis menggunakan metode demostrasi, dengan tujuan meningkatkan pemahaman siswa tentang materi nilai tempat melalui alat peraga. Berdasarkan hasil pengabdian masyarakat yang telah lakukan, dapat simpulkan: 1) Penggunaan alat peraga papan nilai tempat dapat membantu siswa dalam memahami materi menentukan nilai tempat ratusan, puluhan, dan satuan. 2) Penggunaan alat peraga kartu bilangan dapat membantu siswa dalam memahami materi mengurutkan bilangan sampai 500, dan 3) Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran membuat siswa menjadi aktif untuk mengikuti pelajaran matematika.

Downloads

Published

2023-07-23

How to Cite

Elizabet Kafiar. (2023). PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN MENENTUKAN NILAI TEMPAT SERTA MENGURUTKAN BILANGAN SAMPAI 500 PADA SISWA KELAS II SD YPK SYALOM MEOSBEFONDI KABUPATEN SUPIORI. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 1(2), 391–398. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/68

Issue

Section

ARTICLES