PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH BERBASIS MEDIA GAMBAR PADA ANAK-ANAK DI TPA LANGGAR AL HAJI

Authors

  • Andin Muhammad Maulana Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Alamsyah Alamsyah Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya

Keywords:

Pendampingan, Huruf Hijaiyah, Media Gambar

Abstract

Pengenalan huruf hijaiyah merupakan langkah awal yang krusial dalam pembelajaran Al-Qur'an bagi anak-anak di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA). Namun, keterbatasan media pembelajaran yang menarik seringkali menjadi kendala dalam proses belajar mengajar. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak-anak TPA Langgar Al Haji dalam mengenal dan melafalkan huruf hijaiyah melalui pendampingan berbasis media gambar. Metode yang digunakan meliputi observasi awal, perancangan media gambar, pelaksanaan pendampingan, dan evaluasi hasil. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan siswa mengenali dan melafalkan huruf hijaiyah, serta peningkatan minat dan motivasi belajar mereka.

Downloads

Published

2025-05-15

How to Cite

Maulana, A. M., & Alamsyah, A. (2025). PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH BERBASIS MEDIA GAMBAR PADA ANAK-ANAK DI TPA LANGGAR AL HAJI. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(03), 833–841. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/671

Issue

Section

ARTICLES