LAGU DAN HURUF: MENGHIDUPKAN PEMBELAJARAN FONIK DI HATI ANAK TK BABURRAHMAN KATIMBANG KABUPATEN BULUKUMBA

Authors

  • Rahmi Mardatillah Universitas Negeri Makassar
  • Nurrahma Nurrahma Universitas Negeri Makassar
  • Nur Anita Syamsi Safitri Universitas Negeri Makassar
  • Atikah Nurul Asdah Universitas Negeri Makassar
  • Devi Apyunita Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Pembelajaran fonik, Keterampilan membaca, Interaksi anak, Peran Masyarakat

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk menghidupkan pembelajaran fonik di kalangan anak-anak, khususnya di TK Baburrahman Katimbang, Kabupaten Bulukumba melalui metode lagu fonik melodi huruf. Pembelajaran fonik yang efektif sangat penting untuk mengembangkan keterampilan membaca dan menulis pada usia dini. Pengabdi mengimplementasikan metode yang menggabungkan lagu dan huruf untuk menciptakan proses belajar yang menarik dan menyenangkan. Kegiatan ini berfokus pada interaksi anak-anak dengan pengenalan huruf dan bunyi melalui lagu, sehingga dapat meningkatkan minat dan kemampuan mereka dalam belajar fonik. Hasil dari pengabdian ini diharapkan memberikan dampak positif bagi perkembangan literasi anak-anak, serta memperkuat peran serta masyarakat dalam mendukung pendidikan dasar. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya berkontribusi pada pendidikan anak, tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang inspiratif.

Downloads

Published

2025-05-15

How to Cite

Mardatillah, R., Nurrahma, N., Safitri, N. A. S., Asdah, A. N., & Apyunita, D. (2025). LAGU DAN HURUF: MENGHIDUPKAN PEMBELAJARAN FONIK DI HATI ANAK TK BABURRAHMAN KATIMBANG KABUPATEN BULUKUMBA. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(03), 890–897. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/666

Issue

Section

ARTICLES