IMPLEMENTASI KULIAH KERJA NYATA MANDIRI FKIP UNIVERSITAS CENDERAWASIH DI KAMPUNG SKOUW MABO
Keywords:
Pengabdian, Masyarakat, Pendidikan, KampungAbstract
Fasilitas sekolah SD Negeri Inpres Skouw Mabo cukup baik dimana jumlah ruang belajar yang cukup memadai dan memiliki sarana belajar yang cukup lengkap. Permasalahan yang ditemukan adalah sulitnya pemeliharaan dan perawatan berkala dikarenakan letak sekolah dipinggir pantai membuat peralatan yang ada mudah sekali rusak karena udara pantai bersifat korosif. Sarana dan prasarana sekolah yang berasal dari besi dan logam tampak tidak terawat dan terpelihara. Dengan fokus kegiatan KKN Mandiri FKIP berada di sekolah bertujuan membuat perubahan nyata pada sekolah tersebut. Metode pengabdian merupakan cara yang digunakan untuk mendapatkan kegunaan dan tujuan tertentu. Pengabdian kegiatan ini dilakukan dengan cara sosialisasi dan asistensi mengajar dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sosialisasi yang dilakukan adalah berkegiatan sosial disekolah dan masyarakat seperti membuat kegiatan pojok baca, ekstrakurikuler membaca, menulis, dan menghitung (calistung), senam bersama, pembersihan lingkungan dan penghijauan. Adapun asistensi mengajar adalah mahasiswa berkolaborasi dengan guru kelas untuk mengajar meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas. Secara keseluruhan, program kerja yang dilakukan di SD Negeri Inpres Skouw Mabo ini memberikan kontribusi yang sangat positif, baik dalam bidang pendidikan maupun pengelolaan lingkungan. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan kualitas pembelajaran, tetapi juga meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dan menciptakan rasa aman di sekolah. Semua kegiatan tersebut saling mendukung dalam menciptakan suasana sekolah yang lebih kondusif, aman, bersih, dan menyenangkan bagi seluruh warga sekolah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.