PENYULUHAN TENTANG DAMPAK PERILAKU BULLYING BAGI REMAJA : EDUKASI BERBASIS STORY TELLING

Authors

  • Fardi Adjide Akper Mappa Oudang Makassar
  • H. Hataul Madja Akper Mappa Oudang Makassar

Keywords:

Bullying, Edukasi, Story Telling

Abstract

Bullying adalah perilaku yang dapat memberikan dampak negatif terhadap perkembangan sosial dan emosional remaja, terutama di lingkungan sekolah. Penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada siswa remaja mengenai dampak bullying dengan menggunakan metode storytelling. Melalui pendekatan ini, diharapkan remaja dapat lebih memahami berbagai bentuk bullying, dampaknya terhadap korban dan pelaku, serta strategi untuk mencegah dan menghadapinya dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini dilakukan di SMA Neg. 1 Gowa, dengan melibatkan siswa, guru, dan orang tua guna menciptakan lingkungan sekolah yang lebih aman dan mendukung. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa metode storytelling efektif dalam meningkatkan pemahaman remaja tentang bullying, membangun empati, serta mendorong keberanian mereka untuk melaporkan atau mencegah perilaku tersebut.

Downloads

Published

2025-03-15

How to Cite

Adjide, F., & Madja, H. H. (2025). PENYULUHAN TENTANG DAMPAK PERILAKU BULLYING BAGI REMAJA : EDUKASI BERBASIS STORY TELLING. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(02), 683–689. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/639

Issue

Section

ARTICLES