PENGGUNAAN INSTANT MESSANGING (WHATSAPP) SEBAGAI PROMOSI PRODUK ATAU JASA ONLINE DI MA AL JAUHAROTUNNAQIYYAH JERANG BARAT

Authors

  • Fauzan Dika Universitas Pamulang
  • Kanim Kanim Universitas Pamulang

Keywords:

Whatsapp Business, promosi produk, promosi jasa

Abstract

WhatsApp Business merupakan aplikasi WhatsApp yang dikhususkan bagi orang yang memiliki bisnis dan dapat diunduh secara gratis ditujukan untuk orang-orang yang mengembangkan bisnisnya dengan menggunakan smartphone melalui media sosial, baik untuk mempromosikan produk ataupun untuk berkomunikasi dengan calon konsumennya. Berdasarkan keterangan dari kepala sekolah SMA Negeri 8 Kota Serang kebanyakan para siswa dean guru yang memiliki usaha/jasa belum memahami perlunya Whatsapp Busines. Business di dalam mengembangkan usaha. Maka dari itu, pengabdian ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan pelatihan pemanfaatan akun Whatsapp Business kepada para pemilik usaha/jasa. Kegiatan ini diikuti oleh 10 guru dan 20 siswa pemilik usaha/jasa. Metode dalam kegiatan ini adalah dengan menggunakan metode sosialisasi, pelatihan, dan evaluasi terhadap hasil kegiatan, dan kegiatannya dilakukan dengan lima tahap, yaitu tahap persiapan materi Whatsapp Business, tahap pelaksanaan sosialisasi Whatsapp Business, tahap tahap pelatihan Whatsapp Business. Hasil pengabdian ini dapat meningkatkan pengetahuan dalam promosi pada Whatsapp Business. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan data teknik pengumpulannya melalui wawancara mendalam dan observasi. Dengan data diperoleh dari beberapa sumber, disimpulkan bahwa aplikasi Whatapps (WA) dapat digunakan untuk membangun hubungan interpersonal yang baik dengan konsumen. Pengabidan ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi WA dapat meningkatkan keuntungan bagi pelaku usaha di MA AL JAUHAROTUNNAQIYYAH JERANG BARAT. Hasil kegiatan ini menunjukkan, para pemilik usaha/jasa baik guru dan siswa mampu menggunakan dan memanfaatkan Whatsapp Business sebagai media promosi untuk meningkatkan penjualan.

Downloads

Published

2025-03-15

How to Cite

Dika, F., & Kanim, K. (2025). PENGGUNAAN INSTANT MESSANGING (WHATSAPP) SEBAGAI PROMOSI PRODUK ATAU JASA ONLINE DI MA AL JAUHAROTUNNAQIYYAH JERANG BARAT. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(02), 630–639. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/636

Issue

Section

ARTICLES