MEMBANGUN WACANA INTERAKSI KELAS BERBASIS TRILOGI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTOLO
Keywords:
Wacana kelas, trilogi pendidikan, interaksi kelasAbstract
Artikel ini berisi ulasan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan dalam bentuk kuliah pakar yang difasilitasi oleh Prodi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhammadiyah Malang dengan peserta para dosen dan guru. Kegiatan dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi zoom. Topik artikel adalah membangun wacana interaksi kelas berbasis trilogi pendidikan Ki Hajar Dewantoro. Kegiatan dilakukan dengan cara penyajian atau ceramah yang dilanjutkan dengan tanya jawab. Tujuan kegiatan adalah memberikan wawasan kepada peserta tentang pentingnya membangun wacana dalam kegiatan interaksi kelas berbasis trilogi pendidikan. Dengan cara ini diharapkan peserta kegiatan memiliki wawasan bahwa wacana kelas berfungsi sebagai implementasi trilogi pendidikan yang digagas oleh Ki Hajar Dewantoro. Bahan kegiatan berasal dari berbegai bacaan dan hasil penelitian disertasi penulis. Hasil dari kegiatan ini ada dua macam, yaitu jangka panjang dan jangka pendek. Jangka panjang adalah mereka bisa menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran di kelas masing-masing. Jangka pendek adalah mereka bisa memiliki wawasan tentang wacana kelas. Hasil jangka pendek dirasakan berhasil, terbukti dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan peserta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.