MEMBANGUN WACANA INTERAKSI KELAS BERBASIS TRILOGI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTOLO

Authors

  • Adriansyah Abu Katili Universitas Negeri Gorontalo

Keywords:

Wacana kelas, trilogi pendidikan, interaksi kelas

Abstract

Artikel ini berisi ulasan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan dalam bentuk kuliah pakar yang difasilitasi oleh Prodi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhammadiyah Malang dengan peserta para dosen dan guru. Kegiatan dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi zoom.  Topik artikel adalah membangun wacana interaksi kelas berbasis trilogi pendidikan Ki Hajar Dewantoro. Kegiatan dilakukan dengan cara penyajian atau ceramah yang dilanjutkan dengan tanya jawab. Tujuan kegiatan adalah memberikan wawasan kepada peserta tentang pentingnya membangun wacana dalam kegiatan interaksi kelas berbasis trilogi pendidikan. Dengan cara ini diharapkan peserta kegiatan memiliki wawasan bahwa wacana kelas berfungsi sebagai implementasi trilogi pendidikan yang digagas oleh Ki Hajar Dewantoro. Bahan kegiatan berasal dari berbegai bacaan dan hasil penelitian disertasi penulis. Hasil dari kegiatan ini ada dua macam, yaitu jangka panjang dan jangka pendek. Jangka panjang adalah mereka bisa menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran di kelas masing-masing. Jangka pendek adalah mereka bisa memiliki wawasan tentang wacana kelas. Hasil jangka pendek dirasakan berhasil, terbukti dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan peserta.

Downloads

Published

2025-03-15

How to Cite

Katili, A. A. (2025). MEMBANGUN WACANA INTERAKSI KELAS BERBASIS TRILOGI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTOLO. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(02), 612–620. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/634

Issue

Section

ARTICLES