OPTIMALISASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PELAYANAN PUBLIK: STUDI PENGABDIAN DI BKPSDM

Authors

  • Dewi Anggraeni Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq
  • Dian Kusuma Ningrum Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq
  • Nabila Almas Salsabila Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq
  • Abdul Wadud Nafis Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq

Keywords:

Manajemen SDM, BKPSDM, pelayanan publik, insentif kinerja, digitalisasi kepegawaian

Abstract

Pelayanan publik yang berkualitas sangat bergantung pada pengelolaan sumber daya manusia (SDM) yang efektif. Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) memiliki peran strategis dalam memastikan kompetensi, kinerja, dan kesejahteraan aparatur sipil negara (ASN). Penelitian pengabdian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengoptimalkan manajemen SDM di BKPSDM melalui pendekatan ekonomi dan kebijakan publik. Metode yang digunakan melalui pendekatan partisipatif dengan metode presentasi, diskusi kelompok terarah (FGD), dan pelatihan interaktif. Hasil menunjukkan bahwa terdapat tantangan dalam pengembangan kompetensi ASN, keterbatasan teknologi informasi dalam manajemen kepegawaian, serta perlunya kebijakan insentif berbasis kinerja. Rekomendasi yang diajukan meliputi penguatan sistem pelatihan berbasis kebutuhan kerja, digitalisasi sistem kepegawaian, dan peningkatan insentif berbasis pencapaian kerja. Studi ini memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi manajemen SDM yang lebih adaptif dan berbasis data dalam pelayanan publik.

Downloads

Published

2025-03-15

How to Cite

Anggraeni, D., Ningrum, D. K., Salsabila, N. A., & Nafis, A. W. (2025). OPTIMALISASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PELAYANAN PUBLIK: STUDI PENGABDIAN DI BKPSDM . PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(02), 599–605. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/632

Issue

Section

ARTICLES