COACHING CLINIC FUTSAL BAGI GURU PENDIDIKAN JASMANI DI KABUPATEN WONOGIRI

Authors

  • Mahir Dwi Nugroho Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Widiyanto Widiyanto Universitas Negeri Yogyakarta

Keywords:

Futsal, Coaching Clinic, Guru Pendidikan Jasmani

Abstract

Futsal bisa disebut saudara dari olahraga sepak bola yang lebih muda, maka dari itu sekilas teknik dasar dan cara bermainnya pun tidak jauh berbeda namun ternyata secara khusus teknik dasar dan peraturan permainannya pun cenderung berbeda. Maka dari itu banyak sebagian kalangan praktisi olahraga menggeneralisir kesamaan dari olahraga tersebut, maka perlu adanya sosialisasi yang baik sehingga dua olahraga ini teridentifikasi perbedaannya. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada guru pendidikan jasmani di kab. Wonogiri terkait olahraga Futsal khususnya dalam peraturan permainan dan Teknik dasar secara baik dan benar sesuai dengan Law Of the Game Olahraga Futsal. karena olahraga ini seringkali tumpeng tindih dan dianggap sama dengan olahraga sepak bola. Metode yang digunakan adalah ceramah langsung, Demonstrasi  dan Group discussion. Hasil dari kegiatan sosialisasi menunjukan antusiasme guru pjok terhadap olahraga futsal sekaligus meningkatkan pemahaman terhadap teknik dasar dan peraturan permainan olahraga futsal sehingga olahraga futsal yang awalnya dianggap sama dengan sepak bola bisa teridentifikasi perbedaannya. Dan kedepan diharapkan ada pelatihan lanjutan untuk lebih mendalami olahraga ini dari pihak pimpinan UPTD, Ketua KKG Penjas SD, peserta, maupun AFK Kab Wonogiri mengenai olahraga futsal baik dari segi kepelatihan, perwasitan, dan lain lain yang berhubungan dengan pengembangan olahraga tersebut dari sisi Pendidikan maupun prestasi

Downloads

Published

2025-03-15

How to Cite

Nugroho, M. D., & Widiyanto, W. (2025). COACHING CLINIC FUTSAL BAGI GURU PENDIDIKAN JASMANI DI KABUPATEN WONOGIRI. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(02), 606–611. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/619

Issue

Section

ARTICLES