PENGUATAN NUMERASI DALAM PEMBELAJARAN GURU SMK NEGERI TUTUR KABUPATEN PASURUAN

Authors

  • Puguh Darmawan Universitas Negeri Malang
  • Anita Dewi Utami Universitas Negeri Malang
  • Imam Rofiki Universitas Negeri Malang
  • Susiswo Susiswo Universitas Negeri Malang
  • Lita Wulandari Aeli Universitas Negeri Malang
  • Muhammad Ikram Universitas Negeri Makassar
  • Barep Yohanes Universitas PGRI Banyuwangi

Keywords:

Penguatan Numerasi, Pembelajaran, Sekolah Kejuruan

Abstract

Kemampuan numerasi merupakan salah satu kompetensi esensial dalam pendidikan yang berperan penting dalam penguasaan konsep matematika. Realitas di lapangan menunjukkan bahwa banyak peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami dan mengaplikasikan konsep numerasi, terutama di tingkat SMK. Permasalahan ini disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kurangnya pendekatan pembelajaran yang inovatif dan keterbatasan kompetensi pendidik dalam menyampaikan materi berbasis numerasi. Oleh karena itu, penguatan numerasi bagi pendidik melalui program pelatihan atau workshop menjadi suatu kebutuhan mendesak. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pendidik dalam menerapkan strategi pembelajaran berbasis numerasi melalui workshop yang melibatkan guru SMK Negeri 1 Tutur, kecamatan Tutur, kabupaten Pasuruan, bekerja sama dengan Departemen Matematika, Universitas Negeri Malang. Metode yang digunakan mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi hasil workshop. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan kemampuan awal dan akhir peserta dalam memahami konsep numerasi serta implementasi strategi pembelajaran numerasi yang inovatif. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman pendidik terhadap konsep numerasi dan keterampilan dalam merancang pembelajaran berbasis numerasi. Selain itu, observasi menunjukkan bahwa peserta lebih aktif dan antusias dalam berdiskusi serta mengembangkan metode pembelajaran yang lebih interaktif. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah bahwa workshop penguatan numerasi bagi pendidik dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan kompetensi mengajar dan kualitas pembelajaran SMK

Downloads

Published

2025-03-15

How to Cite

Darmawan, P., Utami, A. D., Rofiki, I., Susiswo, S., Aeli, L. W., Ikram, M., & Yohanes, B. (2025). PENGUATAN NUMERASI DALAM PEMBELAJARAN GURU SMK NEGERI TUTUR KABUPATEN PASURUAN. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(02), 775–784. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/618

Issue

Section

ARTICLES