PELATIHAN BACA TULIS AL-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE IQRO’ DI SD PLUS LILLAH PADANG

Authors

  • Rizqiyul Azima Universitas Islam Negeri Imam Bonjol
  • Martin Kustati Universitas Islam Negeri Imam Bonjol
  • Rezki Amelia Universitas Islam Negeri Imam Bonjol
  • Gusmirawati Gusmirawati Universitas Islam Negeri Imam Bonjol

Keywords:

Pelatihan, Baca Tulis Al-Qur’an, Metode Iqro’

Abstract

Tujuan pelatihan ini mengetahui seberapa jauh peserta didik sudah bisa membaca Al-Qur’an. Karena fenomena sekarang yang masih ada peserta didik yang belum bisa atau mampu baca tulis Al-Qur’an. Subjek pelatihan ini adalah guru TPQ di SD Plus Lillah Padang. Dengan pelatihan menggunakan metode iqro’ ini guru dilatih agar bisa membina anak-anak yang belum bisa membaca dan menulis ayat Al-Qur’an. Agama Islam mengajarkan umat muslim supaya bisa membaca Al-Qur;an agar paham dengan ayat-ayat Allah. Melalui metode iqro’ guru dapat Mengenalkan huruf hijaiyyah dengan cara yang menyenangkan,mengulangi huruf hijaiyyah setiap hari, membuat kuis tebak huruf, menggunakan istilah unik saat belajar, menerapkan teknik membaca berantai, mendengarkan lantunan huruf al-qur’an, menggunakan media selain buku iqro’. Metode pelatihan yang digunakan adalah metode PAR (participatory action research). Participatory Action Research (PAR) merupakan metode penelitian yang mengkaji tindakan yang sedang berjalan (dimana pengalaman mereka sendiri sebagai persoalan) dalam rangka melakukan perubahan dan perbaikan kearah yang lebih baik.Hasil dari pelatihan ini guru dapat memberi ilmu kepada peserta didik sesuai dengan metode yang sudah dilatih dan juga diharapkan untuk peserta didik sudah bisa baca tulis Al-Qur’an sesuai dengan tajwid dan makharijul huruf yang benar.

Downloads

Published

2025-01-15

How to Cite

Azima, R., Kustati , M., Amelia, R., & Gusmirawati , G. (2025). PELATIHAN BACA TULIS AL-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE IQRO’ DI SD PLUS LILLAH PADANG . PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(01), 173–183. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/576