STRATEGI PEMASARAN IKAN ASIN DI SUNGAI TEBUK KECAMATAN LUBUK BESAR KABUPATEN BANGKA TENGAH

Authors

  • M. Ilham Wira Pratama Universitas PERTIBA
  • Nelly Astuti Universitas Pertiba
  • Muhammad Ikbal Riski Universitas Pertiba
  • Idham Kholid Universitas Pertiba
  • Eva Darmita Universitas Pertiba

Keywords:

Strategi Pemasaran, UMKM, Ikan Asin

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa KKN kelompok 9 Kecamatan Lubuk Besar yaitu melakukan kegiatan stratergi pemasaran ikan asin di Sungai Tebuk. Dusun Sungai Tebuk merupakan salah satu dusun yang berada di Desa Lubuk Besar Kecamatan Lubuk Besar. Dusun Sungai Tebuk berada di pesisir pantai yang mempunyai potensi besar dalam sektor perikanan dan kelautan, dimana mayoritas mata pencaharian warga setempat adalah nelayan yang separuh ikannya diolah menjadi ikan asin. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengidentifikasi potensi pasar, tantangan yang dihadapi produsen ikan asin lokal, serta peluang pengembangan usaha di wilayah tersebut. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu menggunakan  metode pelatihan yakni kegiatan yang disertai dengan demonstrasi atau percontohan untuk menghasilkan keterampilan tertentu. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan bahwa pengembangan strategi pemasaran ikan asin di Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, telah menunjukkan dampak positif yang signifikan terhadap industri lokal dan masyarakat setempat. Implementasi strategi yang komprehensif, meliputi diversifikasi produk, inovasi dalam pengolahan dan pengemasan, serta perluasan pasar, telah berhasil meningkatkan daya saing dan nilai tambah produk ikan asin Lubuk Besar.

Downloads

Published

2025-01-15

How to Cite

M. Ilham Wira Pratama, Astuti , N., Riski, M. . I., Kholid, I., & Darmita, E. (2025). STRATEGI PEMASARAN IKAN ASIN DI SUNGAI TEBUK KECAMATAN LUBUK BESAR KABUPATEN BANGKA TENGAH. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(01), 469–476. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/562