PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN PENDEKATAN P5 MELALUI PROGRAM KKN DI SEKOLAH MIS ELKAEMDE NAMORAMBE DESA JATI KESUMA

Authors

  • Indah Permadani Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Alza Delia Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Khairunnisa Fitri Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Niken Dea Astria Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Novita Sari Br Ginting Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Keywords:

Pendidikan Karakter, Profil Pelajar Pancasila, Kuliah Kerja Nyata

Abstract

Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di MIS ELKAEMDE Desa Jati Kesuma bertujuan untuk memperkuat pendidikan karakter siswa berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Pengabdian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menggambarkan pelaksanaan kegiatan, partisipasi siswa, dan dampaknya terhadap penguatan karakter. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan pendekatan tematik. Hasil Pengabdian menunjukkan bahwa program KKN berhasil menanamkan nilai-nilai Pancasila seperti gotong royong, kejujuran, tanggung jawab, dan kerja sama melalui kegiatan kreatif seperti sosialisasi pendidikan, pelatihan kerajinan tangan, dan bimbingan belajar. Meskipun terdapat tantangan waktu dan jumlah siswa yang besar, program ini mendapat dukungan penuh dari guru dan kepala sekolah sehingga memberikan dampak positif pada siswa. Program ini dapat menjadi model yang efektif untuk penguatan pendidikan karakter di lokasi lain.

Downloads

Published

2025-01-15

How to Cite

Permadani, I., Delia, A., Fitri, K., Astria, N. D., & Ginting, N. S. B. (2025). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN PENDEKATAN P5 MELALUI PROGRAM KKN DI SEKOLAH MIS ELKAEMDE NAMORAMBE DESA JATI KESUMA. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(01), 99–104. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/560