EFEKTIFITAS PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN DAN ALAT PERAGA INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SDN ROJA 3
Keywords:
Literasi Sains, Video Pembelajaran dan Alat demonstrasi InteraktifAbstract
Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PKM) dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi ciri-ciri hewan dan tumbuhan. Dalam era globalisasi yang penuh tantangan, literasi sains dan keterampilan berpikir kritis menjadi sangat penting bagi siswa. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pembelajaran berbasis inkuiri, yang melibatkan 29 mahasiswa sebagai narasumber dan fasilitator. Kegiatan dilaksanakan pada 9 November 2024 dan melibatkan 26 siswa dari kelas empat, lima, dan enam di SDN Roja 3. Penggunaan video pembelajaran yang interaktif dan alat peraga interaktif terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa. Siswa diajak untuk mengamati, mendiskusikan, dan mengevaluasi informasi mengenai ciri-ciri hewan dan tumbuhan, yang membantu mereka mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa siswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis perbedaan serta persamaan antara ciri-ciri hewan dan tumbuhan, serta memecahkan masalah sederhana terkait materi tersebut. Dengan demikian, PKM ini berhasil menunjukkan bahwa media pembelajaran inovatif dapat meningkatkan literasi sains dan keterampilan berpikir kritis siswa di sekolah dasar, memberikan rekomendasi praktis bagi pengembangan model pembelajaran yang lebih interaktif dan bermakna.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.