MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA MELALUI VIDEO EDUKASI DAN MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG PANCA INDRA DI SDN ROJA 3

Authors

  • Nining Sariyyah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Elisabeth Ana Maria Mingge Universitas Flores
  • Maria Ines Teresa Bewa Universitas Flores
  • Karmeliana Gedho Universitas Flores
  • Dewi Sartika Universitas Flores

Keywords:

literasi sains, video edukasi, media pembelajaran, panca indera, SDN Roja 3

Abstract

Peningkatan literasi sains pada siswa di tingkat dasar menjadi tantangan penting dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu topik sains yang perlu dikuasai adalah konsep mengenai panca indera. Namun, banyak siswa yang kesulitan memahami materi ini dengan cara konvensional. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan literasi sains siswa SDN Roja 3 melalui penggunaan video edukasi dan media pembelajaran yang menarik mengenai panca indera. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pendekatan berbasis multimedia, yaitu dengan mengembangkan dan memanfaatkan video edukasi yang interaktif serta media pembelajaran visual untuk membantu siswa memahami konsep panca indera dengan lebih mudah. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa mengenai panca indera yang dibuktikan dengan hasil posttest yang signifikan. Selain itu, antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran juga meningkat setelah penggunaan media tersebut. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah penggunaan video edukasi dan media pembelajaran yang menarik dapat meningkatkan literasi sains siswa, khususnya dalam materi panca indera, dan dapat dijadikan metode alternatif yang efektif dalam pembelajaran sains di sekolah dasar.

Downloads

Published

2025-01-15

How to Cite

Nining Sariyyah, Mingge, E. A. M., Bewa, M. I. T., Gedho, K., & Sartika, D. (2025). MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA MELALUI VIDEO EDUKASI DAN MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG PANCA INDRA DI SDN ROJA 3 . PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(01), 64–71. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/556