PKM PENDEKATAN PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SAINS YANG MENYENANGKAN PADA PESERTA DIDIK FASE A, B, DAN C DI SD INPRES PAUPANDA 1

Authors

  • Yohana Eufrosina Londa Universitas Flores
  • Maria Ignes Owa Universitas Flores

Keywords:

Praktikum, Sains, Peserta Didik

Abstract

artikel ini membahas hasil pelaksanaan kegiatan pkm bidang pengabdian kepada masyarakat dengan pendekatan praktikum yang di laksanakan di sd inpres paupanda 1, pada tanggal 2 november 2024 untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sains pada siswa di tiga fase pendidikan dasar, yaitu fase a ( kelas 1 dan 2 ), fase b ( kelas 3 dan 4 ) fase c ( kelas 5 dan 6). program ini memperkenalkan metode praktikum sebagai sarana pembelajaran sains yang interaktif, membantu siswa memahami konsep sains secara konkret dan meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses belajar, mengacu pada teori pembelajaran konstruktivis pendekatan dan hasil penelitian sebelumnya yang menunjukan efektivitas pendekatan praktikum dalam pembelajaran sains. program ini melibatkan kegiatan eksperimen sederhana yang dirancang sesuai dengan jenjang kelas masing-masing sumarno (2019) yang menyatakan bahwa pendekatan praktikum dapat meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran sains. hasil evaluasi menunjukan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap materi sains motivasi belajar yang lebih tinggi serta kemampuan berpikir kritis yang lebih berkembang program ini diharapkan menjadi model pembelajaran yang inspiratif dan efektif dalam meningkatlan kualitas pembelajaran sains ditingkat sekolah dasar, khususnya dilingkungan sd inpres paupanda 1

Downloads

Published

2025-01-15

How to Cite

Londa, Y. E., & Owa, M. I. (2025). PKM PENDEKATAN PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SAINS YANG MENYENANGKAN PADA PESERTA DIDIK FASE A, B, DAN C DI SD INPRES PAUPANDA 1. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(01), 42–48. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/553